Wisuda Program Strata-1 Angkatan V Kampus STKIP Paracendekia NW Sumbawa TA.2020/2021

Sumbawa Besar, tribun-sumbawa.com – Dengan berbagai latar belakang yang berbeda-beda, tidak menjadi penghalang bagi tiap wisudawan untuk sampai di titik akhir dari segala perjuangan mereka, yaitu wisuda. Tepatnya pada Sabtu, 2 Oktober 2021, kampus STKIP Paracendekia NW Sumbawa melaksanakan Wisuda Mahasiswa Program Strata-1 Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Matematika Angkatan V Tahun Akademik 2020/2021. Acara dilaksanakan di aula utama The Green Campus, demikian sebutannya, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, dan tetap menjaga jarak.
Wisuda Program Strata-1 STKIP Paracendekia NW Sumbawa turut dihadiri oleh Bupati Sumbawa, Ketua DPRD Sumbawa, Kepala LLDIKTI Wilayah VIII Bali dan Nusa Tenggara Barat (melalui tayangan video), Ketua Umum PWNW, Rektor UTS, Rektor IISBUD SAREA, Rektor IAIS, beberapa kepala sekolah, serta beberapa tamu undangan lainnya. Terdapat 54 orang wisudawan yang mengikuti prosesi wisuda ini dimana 15 wisudawan berasal dari Program Studi Pendidikan Matematika dan 39 wisudawan dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.
Acara wisuda dibuka langsung secara simbolis oleh Ketua Senat STKIP Paracendekia NW Sumbawa, Bapak Assoc. Prof. H. Iwan Jazadi, S.Pd., M.Ed., Ph.D. Dengan rasa bangga beliau menyampaikan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati. Dalam pidatonya, beliau memaparkan sedikit harapan untuk Kampus Hijau ini, “Sesederhana apapun kampus kami, kami akan membawa kampus ini mendunia. Hal ini sesuai dengan salah satu visi dan misi kampus yaitu Global (mendunia),” ujar beliau.
Bapak Bupati Sumbawa juga menyampaikan selamat kepada para wisudawan yang diwakili oleh Asisten II Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Bidang Pembangunan yaitu Bapak Lalu Suharmaji Kertawijaya, S.T., M.I.
“Satu kunci yang harus kalian pegang. Disiplin dan etika adalah bagian penting dalam kesuksesan,” ujar Asisten II Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa.
Beliau berharap kepada para wisudawan agar ilmu pengetahuan yang telah mereka peroleh benar-benar diaplikasikan dengan baik sehingga membawa manfaat dan berkah di lingkungan masyarakat, bangsa, dan negara.
Sambutan lainnya datang dari Ketua DPRD Sumbawa, Bapak Abdul Rafiq. Beliau berharap agar STKIP Paracendekia NW Sumbawa senantiasa tetap menjaga silaturrahmi dengan pemerintah daerah. Sehingga pemerintah daerah dan kampus dapat saling berkoordinasi untuk memajukan kampus dalam hal infrastruktur maupun beasiswa.
Selain itu, salam semangat untuk para wisudawan juga disampaikan oleh Kepala LLDIKTI wilayah VIII, Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa, M.Si, melalui tayangan video. Beliau berharap agar para wisudawan tetap semangat dan berani. Berani untuk bertanggung jawab dan berani dalam memulai. Pesan beliau yang begitu membekas bagi para setiap wisudawan adalah untuk tidak menganggur. Apabila mereka tidak mendapatkan pekerjaan maka merekalah yang harus menciptakan lapangan pekerjaan.
Tidak ketinggalan, Ketua Umum PWNWDI yang diwakili oleh Wakil Ketua Bapak H. Mas’un, S.p., SH., beliau menyampaikan bahwa sangat penting adanya komitmen, komunikasi, serta semangat bergerak dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Ilmu itu tidaklah terbatas, terkhusus di era saat ini, Covid-19 tidak bisa dijadikan kendala dalam menuntut ilmu.
Selain sambutan-sambutan penyemangat, para tamu acara wisuda ini juga mendapat kesempatan untuk menyaksikan sebuah video yang menayangkan perjuangan beberapa lulusan kebanggaan STKIP Paracendekia NW Sumbawa seperti Fadjar Indra Kurniawan, Dirgahayu Pratiwi, Ganda Marta, dan Aditiya Haerani hingga mereka bisa sampai di titik akhir dengan sukses. Momen ini membawa kesan bangga sekaligus haru bagi para wisudawan serta tamu undangan, terkhusus keluarga terdekat mereka.
Sebagai bentuk penghargaan, kampus STKIP Paracendekia NW Sumbawa memberikan piagam penghargaan kepada tiga besar predikat kelulusan Cum Laude, Wisudawan Berprestasi, serta Wisudawan Terinspiratif.
Dirgahayu Pratiwi, sebagai wisudawan terbaik Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.91, mendapat kesempatan untuk menyampaikan pesan dan kesannya selama berkuliah. Ucapan syukur, terima kasih, dan permintaan maaf ditujukannya untuk kedua orang tua, para dosen, teman-temannya, serta untuk kampus STKIP Paracendekia NW Sumbawa. Ia juga memaparkan bahwa inilah waktu untuk memulai babak baru dalam perjalanan hidup, menyebarkan kebaikan dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah diterima saat belajar di Kampus Hijau ini. Dan inilah waktu untuk menghadapi dunia yang sesungguhnya.
Acara wisuda inipun diakhiri dengan hiburan musikalisasi puisi sederhana yang dilanjutkan dengan merdu paduan suara yang membawakan lagu ‘Nangi Dana Tambora’, sebuah lagu Bima yang membuat banyak tamu undangan terpukau.
Dengan ini, doa-doa terbaik mengiringi kelulusan 54 wisudawan STKIP Paracendekia NW Sumbawa. Semoga dapat terus berkarya, membanggakan orang tua dan Kampus Hijau STKIP Paracendekia NW Sumbawa, serta mengharumkan nama Kabupaten Sumbawa. (TS)

002

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Triwulan III 2021, Realisasi Belanja Satker Kementerian/Lembaga Diatas 70 Persen

Sel Okt 5 , 2021
Sumbawa Besar, tribun-sumbawa.com – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sumbawa Besar adalah salah satu instansi vertikal Ditjen Perbendaharaan yang berada di bawah Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. NTB yang memiliki tugas dan tanggungjawab melaksanakan kewenangan perbendaharaan dan bendahara umum, penyaluran pembiayaan atas beban anggaran, serta penatausahaan penerimaan dan pengeluaran anggaran melalui dan dari […]