Walikota Bima HML:Kegiatan Merdeka Export Akan Mampu Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

Kota Bima, Tribun Sumbawa – Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE (HML) didampingi Kepala Dinas Pertanian Kota Bima Sulistiyanto menerima kunjungan Team dari Karantina Pertanian Pusat pada Kamis (15/7/2021).

Kehadiran Tim Karantina Pertanian Pusat ini dalam rangka menyampaikan pesan dari Bapak Menteri Pertanian Republik Indonesia terkait Rencana Kegiatan merdeka export di Bali.

Tim Karantina Pusat menyampaikan Agar Kota Bima dapat ikut serta dalam Pelaksanaan Merdeka export  2021 yang diagendakan pada tanggal 19 Agustus 2021 di Denpasar, Bali direncanakan akan dilakukan secara offline dan dibuka oleh Presiden RI.

Hal ini bertujuan meningkatkan ekspor pertanian, dengan inisiasi melalui Kementerian Pertanian menggunakan aplikasi peta potensi komoditas ekspor pertanian atau IMACE (Indonesia Maps of Agricultural Export). 

Aplikasi IMACE dapat memberikan data dan informasi terkait negara tujuan, pelaku usaha dan informasi terkait persyaratan dan prosedur export serta sentra komoditas pertanian berorientasi ekspor dari masing-masing daerah.

Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (HML) yang dikonfirmasi Kamis (15/7/2021) menyebutkan  kesiapannya untuk mengikuti kegiatan Merdeka Export di Bali.

“Pada prinsipnya Pemkot Bima mendukung dan mensukseskan Merdeka Ekspor 2021 serta pelepasan export pertanian karena ini adalah langkah maju untuk sebuah perubahan di era pandemi Covid-19,” terang Walikota HML.

HML yang juga Mantan Anggota DPR RI 2 Periode ini menyatakan bahwa  kegiatan Merdeka Export akan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat ditengah Pandemi Covid-19.

“Ini tentunya sangat membantu perekonomian bangsa yang sedang dilanda pandemi Covid-29 dengan ikut serta melakukan export produk dan hasil tani rakyat Indonesia umumnya dan Kota Bima khususnya,” jelasnya.

Kepala Dinas Pertanian Kota Bima, Sulistiyanto mengungkapkan bahwa pagi ini mengantarkan Kepala Kekarantinaan Badas Untuk menemui Walikota Bima.

Menurutnya bahwa Kegiatan Merdeka Export ini adalah dalam rangka pemetaan komoditas unggulan hasil tani di masing-masing daerah.

“Kalau kita di Kota Bima komoditas Unggulannya adalah Jagung dan jambu Mette dan sorgum ini akan kita wacanakan dalam Merdeka Export di Bali” ujarnya.

Masih menurutnya bahwa Merdeka Export inj adalah sebuah kegiatan khusus dalam rangka Gerakan Tiga Kali Lipat Eksport Pertanian dalam rangka pemulihan ekonomi tiap-tiap daerah di era wabah Pandemi Covid-19.

“Pak Walikota Insya Allah menyambut baik kegiatan ini dan tentunya kegiatan ini akan berdampak positif bagi masyarakat Kota Bima ditengah arus pandemi Covid-19,” tutupnya. (TS/IM)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dinas Koperasi dan UMKM Diklat Pengelola Koperasi

Kam Jul 15 , 2021
Bima, Tribun Sumbawa – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Bima, menggelar Pendidikan dan Pelatihan Manajerial Bagi Koperasi. Diikuti 30 orang pengelola Koperasi se Kabupaten Bima. Kegiatan digelar di Gedung Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima, Kalaki, selama Lima hari. Dibuka Asisten III Setda Bima, Drs H Arifudin […]