Wagub NTB, Revitalisasi Posyandu Harus Segera Dilakukan

DOMPU,TRIBUN

    Wakil Gubernur NTB, DR, Hj, Siti Rohmi Djalilah prihatin dengan keberadaan posyandu di Provinsi NTB, posyandu sebagai ujung tombak layanan kesehatan dasar masyarakat hingga ke pelosok Desa dan Dusun saat ini seolah mati segan hidup tak mau.

“Pengelolaan posyandu saat ini kurang maksimal, perlu ikhtiar bersama untuk betul-betul memperhatikanya, “kata Wagub dalam rapat kerja sinkronisasi program pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Dompu, Selasa (08/1/019).

 Dikatakan, pelayanan terpadu (posyandu) harus terus ditingkatkan pelayanannya, oleh karena itu kita  harus segera melakukan program revitalisasi posyandu.

Menurut Wagub, revitalisasi posyandu bertujuan untuk menangani kasus perlambatan pertumbuhan atau stunting pada anak.

“Sekarang posyandu itu harus kita perhatikan, karena itu harus direvitalisasi lagi program-program dan realisasi yang ada di posyandu, ”ungkap Siti Rohmi Djalilah.

Wagub juga mengatakan, program revitalisasi posyandu mempunyai tujuan agar terjadi peningkatan fungsi dan kinerja posyandu, dengan kegiatan utamanya, pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas kader, pelayanan yang mencakup pelayanan lima program prioritas yang merupakan paket minimal dengan sasaran khusus balita dan ibu hamil serta menyusui.

Wagub menambahkan, keberadaan posyandu, khususnya di daerah pelosok belum maksimal. Hal itu sangat membuat pengawasan terhadap gizi anak menjadi tidak optimal. Adanya peningkatan kasus stunting, karena ada persoalan pada langkah promotif kesehatan.

“Revitalisasi posyandu adalah sebagai upaya pemenuhan kebutuhan kesehatan dasar dan peningkatan status gizi masyarakat. Untuk itu kita berharap kedepanya pengelolaan posyandu bisa lebih baik lagi, “ungkap Hj, Siti Rohmi Djalilah.(TS/RF)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

PTAMNT Lakukan Penanaman Ratusan Pohon di Jalan Samota

Sen Jan 14 , 2019
SUMBAWA BESAR, TRIBUN Guna menciptakan suasana asri di lingkungan sekitar jalan Samota Kabupaten Sumbawa, PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PTAMNT) bersama mitra dari PT Selatan Maju Bersama (SMB) dan Lembaga Maju Bersama (LMB) melakukan penanaman ratusan pohon di wilayah setempat pada Minggu (13/1). Kegiatan ini melibatkan beberapa Kepala Sekolah, puluhan […]