Tutup MXGP Samota, Menparekraf dan Ketua IMI Puji Keberhasilan NTB

Sumbawa Besar, tribun-sumbawa.com – Pelaksanaan motocross grand prix (MXGP) Samota pada 24-26 Juni 2022 berjalan sukses. Hal ini pun mendapat perhatian khusus dari Menteri Pariwisata  dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) – Sandiaga Uno dan Ketua IMI – Bambang Susatyo, yang menilai NTB berhasil melaksanakan event balap kelas dunia secara berturut-turut.

Bamsut – sapaan akrab Ketua IMI saat menutup kegiatan MXGP Of Indonesia Samota pada Minggu (26/6) di Rocket Motor Circuit Samota, menilai, terselenggaranya MXGP di Samota ini adalah mimpi yang menjadi nyata. Sebab, hanya membutuhkan waktu selama tiga bulan, NTB berhasil menghadirkan salah satu sirkuit terindah dan terbaik di dunia sekaligus menggelar event yang sangat luar biasa. “Ini adalah karya terbaik dan persembahan kita untuk Sumbawa, NTB, Indonesia dan untuk kita semua, selamat menyaksikan,” tutur Bamsut yang juga Ketua MPR RI ini.

Sementara Menparekraf – Sandiaga Uno berharap MXGP pada tahun mendatang bisa dilaksanakan dua event, yaitu di Sumbawa dan di Lombok, disamping gelaran WSBK dan MotoGP. Dengan adanya event-event kelas dunia ini, dinilai bisa menjadi bagian untuk mengangkat destinasi super prioritas di NTB.

Bahkan Sandi berkeinginan menjadikan event MXGP Samota sebagai destinasi super prioritas untuk sport tourism. Untuk merealisasikan hal tersebut, Ia menegaskan akan mendiskusikan hal itu secara intens dengan para pihak terkait. “Lombok sudah punya Super Bike kemudian MotoGP. Sekarang Sumbawa punya MXGP. Event motosport ini harus dipadukan menjadi sport tourism yang dapat membangkitkan ekonomi masyarakat, menyediakan lapangan kerja setelah dua tahun dilanda pandemi,” tukasnya.

Pantuan media ini di lokasi, acara tersebut diawali dengan penampilan tarian adat Sumbawa yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Acara semakin meriah dengan atraksi pesawat Tim Aerobatik Jupiter TNI AU yang melintas di atas Sirkuit MXGP Samota yang dipimpin oleh Mayor Pnb Habibi.

Dari hasil balapan yang dilaksanakan untuk kelas MX2, Tom Vialle dari Francis Tem Red Bull KTM keluar sebagai juara pertama dengan raihan 50 point, Simon Laengenfelder dari Jerman Team Red Bull GASGAS juara kedua dengan 42 point dan Thibault Benistant dari Francis Team Monster Energy Yamaha meraih jaura ketiga dengan  raihan 38 point. Bupati Sumbawa – H Mahmud Abdullah berkesempatan memberikan trofi piala kepada salah satu pemenang balapan kelas MX2.

Sementara untuk juara di kelas utama atau MXGP, juara pertama diraih oleh Tim Gajser 243 dari Slovakia Team HRC motor Honda dengan 50 point, juara kedua diraih oleh Jorge Prado 61 dari Spanyol Team Red Bull GASGAS motor GASGAS dengan perolehan 44 point dan posisi ketiga diraih oleh Ruben Fernandez 70 dari Spanyol Team Honda 114 Motorsport, motor Honda dengan 38 point. (TS/002)

002

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Sambut Hari Jadi Bima, LASQI Kabupaten Bima Gelar Festifal Seni

Ming Jun 26 , 2022
Bima, Tribun Sumbawa – Menyambut Hari Jadi Bima Ke-382 yang jatuh pada tanggal 5 Juli mendatang dan HUT Kemedekaan RI Ke-77 tahun 2022, Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Seni Qasidah (DPD LASQI) Kabupaten Bima  menggelar festival yang mempertandingka  beberapa mata lomba yaitu kasidah rebana klasik, lomba bintang vokalis gambus dan lomba […]