Tim ‘Kita Kompeten’ Gelar Sosialisasi Kartu Prakerja di Gontar Baru

Alas Barat, tribun-sumbawa.com – Tim “Kita Kompeten dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rabu (17 /11) menggelar Sosialisasi tentang Peningkatan Kompetensi SDM melalui program kartu Prakerja yang bertajuk Gali Potensi dirimu dengan Kartu Prakerja.

Kegiatan tersebut  dihadiri para kepala desa dan sekdes dari lima kecamatan wilayah zona barat Sumbawa yang bertempat di Aula lantai II kantor Desa Gontar Baru, Kecamatan Alas Barat, Kabupaten Sumbawa – NTB. Kegiatan itu diawali dengan pembacaan ayat suci Al’Quran oleh Doni Saputra siswa Pondok Pasentren Tafiz Qur’an Rahmatal Lilalamin Desa Gontar Baru.

Kegiatan tersebut membawa pengaruh positif terhadap langkah dan pengembangan dalam mengakses data diri melaui program kartu Prakerja yang telah tersedia dihalaman website kementerin.

Ilham Rahmanto bersama rekannya Agung Putra Wicaksana, ditemui Media Tribun Sumbawa usai kegiatan menjelaskan, sosialisasi ini adalah  menindak lanjuti program pemerintah pusat sesuai dengan janji politik Presiden Joko Widodo tentang pemberian kartu Prakerja. Ini sudah berjalan dari tahun 2020 lalu dan sudah terealisasi dibeberapa daerah, dengan harapan kartu Prakerja ini harus bisa dimamfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat untuk menambah modal usaha atau menjadi seorang wiraswasta melalui skema dalam ekosistim kartu Prakerja. Sehingga masyarakat dapat mengakseskan sesuai dengan persyaratan dan bisa mendapatkan bantuan insentive sebesar Rp 600.000 / Bulan selama 4 Bulan.

Untuk mendapatkan kartu Prakerja, lanjut Ilham Rahmanto adalah dengan sistem online secara digital melalui Web resmi Pemerintah dengan melakukan pendaftaran. ‘’Jangan mendaftarkan di Web tidak resmi karena tidak mungkin akan masuk,’’ tegasnya.

Disisi lain, dirinyapun sangat gembira melihat antusias seluruh kepala desa bersama sekdesnya hadir dalam kegiatan ini. Memang program tersebut banyak kendala, termasuk membuat email dan sebagainya seperti memahami kerja digitalisasi, sebab untuk mendapatkan kartu prakerja harus mendaftarkan dulu melalui basic online. ‘’Tentu dengan pertemuan ini semua yang hadir dapat belajar tentang tata cara mendaftarkan diri masuk kedalam pendaftaran kartu prakerja,’’ ujarnya.

Pihaknya mengaku masih banyak yang belum mengerti tentang cara mendapatkan kartu prakerja termasuk akses internet yang sering mengalami gangguan dan sebagainya. Sehingga, Tim Kompeten dari pusat telah membentuk rumah Prakerja NTB untuk wilayah Sumbawa di Desa Gontar Baru yang akan  menyiapkan lokasi, sehingga masyarakat akan mendaftarkan diri secara mandiri dan secara langsung. ‘’Tim telah menyediakan berbagai macam pasilitas untuk mempermudah dimulai dari komputer dan perangkat lainnya,’’ ucap Ilham.

Menurutnya, Desa Gontar Baru ditunjuk sebagai Posko Utama berdasarkan diskusi dengan beberapa peserta yang hadir dalam kegiatan sosialisasi ini, dengan melibatkan anak muda yang tergabung dalam kelompok karang taruna ada guna membantu masyarakat. Ketika ada kendala pada saat melakukan pendaftaran, merekalah yang memberikan petunjuk sesuai panduan yang tetera. ”Kami disini sangat berterima kasih kepada Ustad Arifin kepala Desa Gontar Baru, yang selalu memotivasi dan selalu berkomunikasi dengan sahabat yang ada di pusat,’’ tuturnya.

Dilokasi terpisah, Dea Guru Suchairy S.Pd., M.Pd. salah satu peserta hadir kegiatan sosialisasi peningkatan Kopentensi SDM melalui Program Prakerja, juga menjelaskan, kegiatan ini sangat bagus karena akan membantu masyarakat dalam kegiatan penerima mamfaat, khususnya masyarakat yang belum menerima bantuan sama sekali seperti PKH, BPUM dan sebagainya. Masyarakat yang belum menerima bantuan sama sekali  dapat mendaftarkan diri secara langsung melalui kartu prakerja dan ini sangat membantu.

Dengan kehadiran tim dari Jakarta kata Dea Guru, masyarakat dapat mengerti kaitan dengan tata cara pengisian data dan sebagainya, apa lagi kehadiran kelompok karang taruna tentu mereka memiliki kreativitas yang mampu menyukseskan kegiatan pemerintah serta dapat membantu masyarakat yang membutuhkannya. ‘’Ini sangat bagus,’’ ucap Dea Guru yang juga Ketua Dewan Pembina Yayasan Khairu Ummah Sumbawa. (TS/H) 

002

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Baznas Kobi Sukses Salurkan Sembako Kepada 420 Pedagang Bakulan

Jum Nov 19 , 2021
Kota Bima, Tribun Sumbawa – Baznas Kota Bima Kamis (18/11/2021) pagi melaksanakan kegiatan Pendistribusian bantuan sembako dan uang tunai kepada 420 orang pedagang Bakulan (Asnaf Gorimin) yang ada di Kota Bima. Kegiatan Pendistribusian ini berlangsung di Paruga Na’e Kota Bima dan dihadiri oleh Sekda Kota Bima, Kepala OPD, Camat dan […]