Tidak Dapat Gunakan Hak Pilih, KPU Perdekat TPS

Sumbawa Besar, Tribun-sumbawa.com – Di Kecamatan Tarano, Desa Mata Dusun Mata Timur, terdapat salah satu komunitas adat yang berisikan sekitar 20 Kepala Keluarga dengan lebih dari 40 Hak Pilih. Namun selama ini, tetap terdaftar sebagai calon pemilih di KPU Kabupaten Sumbawa, komunitas tersebut tidak pernah menggunakan hak pilih setiap pemilu karena akses ke TPS terdekat, musti ditempuh dengan 6 jam berjalan kaki di Dusun Mata Timur.

“Di Dusun Mata Timur Kecamatan Tarano, nama Pemukiman Panco. Beberpa kali pilkada tidak bisa menggunakan hak pilih, namun mereka selalu terdata di daftar pemilih. PPK mengakui mereka ada, terdata. Tapi selama pemilu tidak pernah menggunakan hak pilih. Karena ternyata akses jarak ke TPS, butuh waktu jalan kaki 6 jam ke TPS terdekat. Sekitar 20-an Kepala Keluarga, ada sekitar 40-an pemilih,” kata M.Kaniti, Ketua Devisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kabupaten Sumbawa, di ruang kerjanya, Selasa (28/07).

Diungkapkan, selain akses darat ke TPS, komunitas tersebut sebenarnya memiliki alternative lain yakni melalui jalur laut. Namun jalur laut tidak selalu dapat digunakan karena tingginya gelombang. Sebab, pemukiman tersebut berhadapan langsung dengan laut lepas selatan Indonesia, atau samudera Hindia.

“Ada akses kedua melalui pantai, ombak besar,” katanya, juga menambahkan, sedangkan satu-satunya akses jalan menggunakan sepeda motor dari dan menuju komunitas yang berada di Kecamatan Tarano tersebut, melalui Kecamatan Empang dengan berkendara selama sekitar 2 jam.

Sehingga, untuk memastikan komunitas tersebut dapat menggunakan hak pilih, KPU Kabupaten Sumbawa, akan menyediakan satu Tempat Pemungutan Suara di tempat tersebut. “Nah kami kepada PPK, untuk alokasikan satu TPS disana. Karena kita kita maksimal kita satu TPS 500 orang,” jelasnya. (Ts/011)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Presiden Ingatkan Dampak Pandemi pada Situasi Geopolitik

Sel Jul 28 , 2020
Jakarta, Tribun-sumbawa.com – Saat memberikan pengarahan kepada peserta Program Kegiatan Bersama Kejuangan (PKB Juang) Tahun Anggaran 2020 melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (28/07), Presiden Joko Widodo mengingatkan tentang dampak pandemi Covid-19 terhadap pertumbuhan ekonomi global. Menurut Presiden, sejumlah lembaga internasional memprediksi situasi pertumbuhan ekonomi global […]