Tarung Derajat Diyakini Mampu Raih Juara Umum

1

Sumbawa Besar, tribun-sumbawa.com – Ketua KONI Sumbawa – Syamsul Fikri berharap kepada Cabang Olahraga (Cabor) Tarung Derajat Kabupaten Sumbawa bisa raih juara umum di Pekan Olahraga tingkat Provinsi (Porprov) NTB 2022. Sebab, Tarung Drajat Kabupaten Sumbawa pernah mengukir sejarah juara umum di level yang sama. Hal itu dikatakan Syamsul Fikri saat membuka kegiatan Porkab di Padepokan KONI Sumbawa, Sabtu (25/9) 2021.  Hanya pada Porprov 2018  menjadi runner up ketika final berhadapan dengan Kabupaten Dompu.

“Saya yakin atlet kita ini akan mampu memperbaiki peringkatnya. Alasannya sederhana. Pelatihan intens  yang dilakukan di sejumlah Satlat,  serta ketekunan tinggi, akan membuahkan hasil,” kata Fikri. Oleh karena itu pada kesempatan seleksi atlet pada Porkab  ini semoga melahirkan calon peraih medali emas di  Porprov akan datang. “Sumbawa tidak kekurangan atlet. Bahkan satu orang pelatih terpilih menjadi wasit di PON Papua 2021 yaitu Nahnuddin (Kang Denys). Semoga ilmu yang diterapkan oleh pelatih selama ini bisa diterapkan oleh atlet Tarung Derajat,” harapnya.

Sekretaris Tarung Derajat Kabupaten Sumbawa – Sabaruddin menjelaskan, proses seleksi atlet ini dilakukan dengan ketat dan fair. Kang Budin yang juga sebagai pelatih pendamping Tarung Derajat Kabupaten Sumbawa manambhkan pada Porkab ini juga mendatangkan Dewan Guru  Tarung Derajat Pengda NTB, Imron ( Guru Yong). Sebanyak 74 peserta yang tersebar di sejumlah Satlat menguji kemampuan atletnya. Dari jumlah itu, menurut Guru Bahsa Inggris MAN 2 Sumbawa sebanyak  57 peserta  putra dan  17 putri. Yang dipertandingkan selain tarung bebas juga ada Seni Gerak Campuran, empat peserta seni gerak berpasangan, dua orang seni gerak putri beregu tiga, seni gerak putra beregu tiga orang.

Kesemuan peserta itu, menurut kang Budin – akrabnya disapa, berasal dari Kecamatan Sumbawa, (Camp Tambora, SMAN 3), Alas Barat (SMK I Alas Barat), Lopok ( SMA Lopok), Moyo Hilir (MAN 2 Sumbawa) dan Plampang (SMA N I plampang). 

Pertandingan yang berlangsung selama dua hari, Sabtu dan Minggu sudah menampakkan calon atlet baru. “Inilah tujuan digelar Porkab. Untuk menghasilkan calon-calon atlet di masing-masing cabor,” kata Ketua KONI Sumbawa yang diwakili Amiruddin Bryan S.Pd ( Kabid. Organisasi KONI Sumbawa) pada acara penutupan Porkab Tarung Derajat, Minggu (26/9) kemarin.

Selanjutnya, kata Bryan,  diserahkan kepada Pengkab Tarung Derajat  untuk melakukan pembinaan/pelatihan dari siapa sajanyang telah menjuarai. “Atas nama KONI Kabupaten Sumbawa, menyampaikan selamat bagi yang sudah juara serta  kesuksesan bagi pihak yang terlibat pada penyelenggaraan Porkab ini,” katanya.

Dari seleksi yang dilakulkan, Kecamatan Moyo Hilit keluar sebagai juara umum  dengan mengoleksi 7 orang juara I untuk kategori pertarungan serta empat juara I untuk seni gerak. Juara II pada dari kecamatan Plampang dengan empat atlet keluar sebagai juara I. Serta juara III  dari kecamatan Lopok. Selain mendapat hadiah atau piagam, bagi yang juara umum mendapat hadiah dari Dewan Pembina Tarung Derajat Sumbawa, Iwan Rantag sebesar Rp 1 juta. Sedangkan untuk juara II dan III sebesar, Rp 750 ribu dan Rp 250 ribu. (TS)

002

One thought on “Tarung Derajat Diyakini Mampu Raih Juara Umum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Wagub Ingin Kualitas Kearsipan di NTB Alami Percepatan

Sen Sep 27 , 2021
Mataram, Tribun – Wakil Gubernur NTB, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalillah, M.Pd., berpesan kepada seluruh arsiparis lingkup Pemprov NTB agar terus meningkatkan kualitas kearsipan, sehingga mengalami percepatan kemajuan dari berbagai sisi. “Kita sangat berharap agar kualitas kearsipan di NTB mengalami percepatan. Bukan meningkat. Kalau meningkat akan seperti biasa – […]