Tarawih dan Idul Fitri Diperbolehkan Berjamaah dengan Prokes

Sumbawa Besar, tribun-sumbawa.com – Pelaksanaan ibadah tarawih dan idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriyah, diperbolehkan untuk dilaksanakan secara berjamaah. Namun selama pelaksanaan, musti dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Intinya, idul Fitri itu tetap dilaksanakan seperti biasa (berjamaah), dan mengacu kepada surat edaran satgas covid sebelumnya. Artinya tetap beribadah di masjid dengan pembatasan dan menerapkan protokol kesehatan. Masih menjaga jarak dan menyiapkan fasilitas cek suhu dan cuci tangan. Sedangkan untuk IdulFitri juga seperti itu, tetap diberikan izin di masjid atau di lapangan. Tentu juga dengan protokol kesehatan yang ketat,” kata Arif Alamsyah, Plt Kabag Humas Setda Sumbawa, di ruang kerjanya Rabu (07/04).

Dikatakan, keputusan tersebut, akan dituangkan dengan surat edaran bupati, menindak lanjuti surat edaran menteri agama nomor 03 tahun 2021, tentang panduan ibadah ramadhan dan idul Fitri. “Penjabat bupati sudah mengundang forkopimda dan tokoh agama, untuk membahas ibadah ramadhan dan IdulFitri,” ucapnya.

Disebutkan, keputusan tersebut berlaku dengan tetap memperhatikan status Covid-19 di masing-masing wilayah. “Ini berlaku di seluruh tempat, dengan tetap memperhatikan status covid. Kita kan di Sumbawa termasuk daerah yang kasus covid masih ada, jadi masuk zona kuning. Jadi kita tetap melaksanakan ibadah dengan mengacu kepada protokol kesehatan,” tegasnya. (Ts/011)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Amman Kerahkan Tim Tanggap Bencana untuk Korban Banjir Bandang Bima

Jum Apr 9 , 2021
Jakarta, tribun-sumbawa.com – Banjir bandang yang menerjang empat kecamatan di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat pada Sabtu (3/4) lalu mengakibatkan lebih dari 9.000 rumah warga terendam, serta hampir 28.000 jiwa terdampak. Sebagai perusahaan yang beroperasi di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Amman segera mengirimkan tim tanggap bencana untuk membantu upaya […]