Stikes Yahya Bima Giat Workshop Pelatihan Preceptorship

Bima, Tribun Sumbawa – Hari ini untuk kedua kalinya, Rabu (20/01/2021). Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Yahya Bima, melaksanakan workshop pelatihan metode pengajaran dan pembelajaran pembimbing (Preceptorship). Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kompetensi baik pengetahuan, kemampuan, sikap dan perilaku tenaga kesehatan yang nantinya akan menjadi pembimbing klinik dan pembimbing institusi.

Kegiatan yang berlangsung di Aula STIKES Yahya Bima, ini berlangsung selama dua hari.Dan di mulai tanggal 19 sampai 20 Januari 2021, Kegiatan ini, diikuti oleh peserta dari berbagai instansi pendidikan kesehatan dan Instansi layanan kesehatan yang ada di Kota Kabupaten Bima dan Dompu. Kegiatan ini pun, dipandu langsung Moderator Ns. Arif Rahman, M. Kep. Sedangkan narasumbernya (pembicara) Dr. Muhammad Hadi SKM M.Kes, selaku Ketua Umum Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) pusat.

Ketua Panitia penyelenggara pelatihan Preceptorship Ns. Supriadin, M.Kep menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan STIKES Yahya ini berkerjasama dengan AIPNI pusat.

“Kegiatan Preceptorship ini merupakan kegiatan untuk pertama kalinya diselenggarakan di Pulau Sumbawa. Asas manfaat ialah sebagai wujud dan harapan semoga kedepan kegiatan semacam ini dapat terus diselenggarakan setiap tahunya agar tercipta budaya bimbingan klinik yang baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua STIKES Yahya Bima Ns. Zulkarnain M.Kes dalam sambutannya menyampaikan, pelatihan ini mengusung tema menuju Pembelajaran Klinik yg berkualitas. Agar mempercepat adaptasi para perawat baru dalam meningkatkan kualitas, kompetensi layanan.

Kembali disampaikannya, dalam perawatan pasien sesuai standar dan menciptakan standar praktik perawatan yang baik sebagai roole model (gambaran ideal) didalam proses interaksi saat melakukan bimbingan antara pembimbing (Preceptor) dengan yang dibimbing. “Ini adalah langkah mewujudkan arah pencapaian kompetensi yang baik pada pembelajaran klinik bagi mahasiswa,” tuturnya.

Lanjut Ns. Zulkarnain M.Kes menjelaskan, pelatihan ini bisa menciptakan keseragaman komunikasi dan tindakan dalam pemberian asuhan keperawatan terhadap pasien. “Semoga dengan adanya kegiatan ini Stikes Yahya menuju pembelajaran klinik yang berkualitas,” harapnya. (TS/IM)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

DPRD Keluarkan Rekomendasi Lahan SP2 dan SP3

Kam Jan 21 , 2021
Sumbawa Besar, Tribun-sumbawa.com – Rabu (20/01), digelar pertemuan di ruang rapat pimpinan DPRD Sumbawa, bersama LP2KP dengan Komisi I dan Komisi IV DPRD Sumbawa. pertemuan tersebut membahas Lahan Cadangan Transmigrasi di SP2 dan SP 3 Kecamatan Plampang. Muhammad Sidik, Ketua LP2KP mengungkapkan, terdapat SK Gubernur Nomor 161 Tahun 1997, pencadangan […]