Sedang Diverifikasi Penerima Bantuan di Dusun Batu Bara dan Bao Berang

Sumbawa Besar, Tribun-sumbawa.com – Saat ini, sedang dilakukan verifikasi dan identifikasi calon penerima bantuan di Dusun Bao Desa dan Dusun Batu Bara desa Bao Desa Kecamatan Batu Lanteh. Bantuan dari Kementerian Sosial terhadap sasaran, akan berupa Jadup, Peralatan kerja, peralatan rumah tangga hingga rehab rumah.

“Kita masih dalam proses identifikasi semua kebutuhan masyarakat. kaitannya dengan rehab, kalau rehab dia kan tidak sama kebutuhan setiap rumah. jadi termasuk sedang identifikasi semua kebutuhan, kemudian kondisi rumah, kemudian pendataan semua penduduk yang mana yang sudah ber-NIK, mana yang belum ber-KTP. Ini dalam proses itu sekarang,” kata kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa, melalui Kapala Bidang Pemberdayaan & Kelembagaan Sosial, Cendra Hastuty Nur, di ruang kerjanya, Jum`at (07/05).

Dijelaskan, setelah proses identifikasi dan verifikasi, akan ditetapkan pengurus kelompok masyarakat, dan dilanjutkan dengan pengajuan proposal yang didampingi yayasan yang telah di verifikasi dan di SK-kan oleh Kementerian Sosial. “Ada sedikit perbedaan program ini di 2020 dengan 2021. Kalau tahun 2020 kita masih kontraktual. Misalnya dari total anggaran Rp 1 milliar, kita tender. Sekarang tidak. Jadi semua anggaran itu dikelolah oleh pusat, tidak ada lagi PPK di Kabupaten. jadi sistemnya pendampingan aja kita. jadi semua anggaran itu, misalnya sudah diidentifikasi kebutuhan, kemudian kita susun RAB, ajukan proposal kepusat, barulah uang itu langsung ke rekening Pokmas yang sudah dibentuk tadi. Ke rekening pengurusnya,” ucapnya. Selain mendampingi, yayasan tersebut juga akan melakukan pemdampingan dan pembinaan dalam proses penyaluran dan pemanfaatan bantuan. “Dipandimpingan itulah tugasnya yayasan tadi, jadi mereka fasilitasi, pendampingan dan pembinaan. Identifikasi oleh yayasan yang sudah ditunjuk oleh kementerian. Yayasannya diverifikasi adminsitrasi oleh dinas, kemudian kita usulkan ke pusat dan pusat yang tentukan,” tegasnya. (Ts/011)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dishub Bangun Sedikitnya Enam Posko Pantau Mudik

Sen Mei 10 , 2021
sumbawa besar, tribun-sumbawa.com – Dinas Perhubungan Kabupaten Sumbawa bekerjasama dengan Polres Sumbawa, telah membangun sedikitnya 6 posko pantau mudik di Kabupaten Sumbawa. Posko tersebut dibangun untuk menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur NTB, Surat EdaranBupati Sumbawa terkait mudik lebaran. “Sudah ada surat edaran pak gubernur, pak bupati, dan diperkuat lagi dengan surat […]