Satu Lagi Warga Dompu Meninggal Karena Digigit Anjing Diduga Terinfeksi Rabies

DOMPU,TRIBUN

    Korban meninggal dunia karena digigit anjing diduga terinfeksi rabies kembali terjadi di Kabupaten Dompu. Korban keganasan anjing gila ini bernama Hadijah (57 tahun) warga Desa Mbawi Kecamatan Dompu.

    Korban digigit anjing diduga terinfeksi rabies November tahun 2019 lalu. Dan, korban meningal dunia. Sabtu (19/1/2020).  

    Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Rahmat. SKM., ditemui dikantornya, Selasa (21/1/2020) mengatakan, korban gigitan anjing diduga terinfeksi rabies ini tidak mau dibawa ke sarana kesehatan untuk dicuci luka bekas gigitan dan mendapat suntikan VAR.

    “Korban sudah beberapa kali dibujuk keluarganya untuk dibawa ke sarana kesehatan untuk mendapatkan suntikan VAR, namun korban menolaknya dan lebih memilih pergi ke ladang, “kata Rahmat.

    Rahmat menjelaskan, korban gigitan anjing gila ini mulai menunjukan ketakutanya pada air dan takut cahaya setelah pulang dari ladang, “dari ladang muncul klinis, korban mulai takut air, angin dan cahaya, “terangnya.

Rahmat menyebut, korban sempat dibawa ke RSUD. Dari hasil diagnosa di UGD, korban menunjukan gejala positif rabies. Karena sudah klinis, pihak keluarga memaksa membawa pulang korban, “sehari setelah pulang kerumah, korban meninggal dunia, “ujarnya.

Rahmat menambahkan, sampai tanggal 17 Januari tahun 2020 ini, jumlah korban gigitan anjing diduga terinfeksi rabies mencapai 28 orang. Jumlah itu penyebaranya di Kecamatan Manggelewa, Kecamatan Pajo, Kecamatan Woja dan Kecamatan Dompu.(TS/RF)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Satu Lagi Warga Dompu Meninggal Karena Digigit Anjing Diduga Terinfeksi Rabies

Sel Jan 21 , 2020
DOMPU,TRIBUN Korban meninggal dunia karena digigit anjing diduga terinfeksi rabies kembali terjadi di Kabupaten Dompu. Korban keganasan anjing gila ini bernama Hadijah (57 tahun) warga Desa Mbawi Kecamatan Dompu.     Korban digigit anjing diduga terinfeksi rabies November tahun 2019 lalu. Dan, korban meningal dunia. Sabtu, (19/1/2020).       Kepala Bidang […]