Provinsi Komit Dengan Ruas Jalan Lenangguar-Batu Rotok

Sumbawa Besar, Tribun-sumbawa.com – Kepala Bagian Pembangunan Setda Sumbawa, Usman Yusuf, menegaskan, sejauh ini Pemerintah Provinsi tetap berkomitmen dan memberika atensi kepada ruas jalan Lenangguar-Batu Rotok. Pembangunan ruas jalan tersebut, dengan skema anggaran dan dikerjakan kabupaten memungkinkan untuk dilakukan.

“Nanti kita ikuti, yang pasti provinsi komitmennya kuat kok. Lenangguar-Batu Rotok itu atas intervensi dana provinsi, tapi dilaksanakan oleh kabupaten sesuai dengan kewenangan. Sah itu. Karena provinsi bisa memberikan bantuan keuangan kepada kabupaten/kota,” kata dia di ruang kerjanya, Rabu (21/04).

Ia menjelaskan, provinsi dapat dengan sah mendanai pembangunan di Kabupaten dengan sifat bantuan keuangan bersifat khusus. “Itu nanti sifatnya bantuan keuangan bersifat khusus. Jadi itu yang sudah jelas alokasinya. Kalau untuk jalan, ya untuk jalan itu. Bukan untuk yang lain. Tidak bisa, tidak mungkin dialihkan. Anggarannya tetap ada, tapi ya sistemnya nanti, sumbawa yang akan melaksanakan. Dananya akan ditransfer ke rekening kas daerah sebagai bentuk bantuan provinsi kepada kabupaten/kota. Dan sumbawa akan melaksanakan sesuai dengan alokasi yang sudah ada itu,” tegasnya.

Dikatakan, pembangunan yang berjalan tahun ini dari APBD Provinsi tetap berjalan, seperti pembangunan ruas jalan Semongkat-Tepal, yang sebelumnya dianggarkan bersamaan dengan ruas jalan Lenangguar-Batu Rotok. “Sudah dua ruas itu dianggarkan sama provinsi. Dari Lenangguar ke Batu Rotok, terus yang satunya lagi itu dari Semongkat-Tepal. Artinya yang Semongkat-Tepal tetap jalan,” kataya.

Dikatakan, panarikan anggaran pembangunan ruas jalan Lenangguar- Batu Rotok, merupakan langkah baik sebagai bentuk antisipasi dan sifat keterbukaan pemerintah terhadap masukan dan kritik. “Ruang diskusi selalu terbuka, itu kan bentuk kritik dan masukan dari pihak-pihak yang mengerti. Saya rasa itu baguslah. Supaya sebelum pelaksanaannya itu sudah clear semuanya. Jangan sampai setelah dilaksanakan baru menjadi sebuah masalah, sehingga tidak bisa didiskusikan. Kalau sekarang ini kan masih bisa, belum diproses apa-apa. Sehingga lebih amanlah. Kita juga terbuka kalau ada kritik, masukan. Tapi intinya, kita apresiasi apa yang dilakukan oleh pak gubernur dan teman-teman di provinsi,” tegasnya.

Saat ini, proyek pembagunan yang dilakukan oleh Provinsi, antara lain pemeliharaan ruas jalan Simpang Boak-Lunyuk. Termasuk ruas jalan menuju Batu Lanteh, yang sebelumnya dianggarkan bersamaan denga ruas Lenangguar-Batu Rotok.

“Kalau provinsi saya rasa, peningkatan jalan provinsi tetap dilakukan. seperti ruas jala simpang boak ke Lunyuk. Terus dari simpang lawing gali ke Batu Lanteh, itu ruas-ruas jalan provinsi yang selama ini membutuhkan sedikit. Dan provinsi juga akan terus membenahi. Kita juga senang karena provinsi memberika atensi yang cukup besar untuk perbaikan kedua ruas jalan tersebut di sumbawa,” katanya. (Ts/011)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hari Kartini, Momentum Bangkitkan Semangat Perempuan

Rab Apr 21 , 2021
Mataram, Tribun – Momentum peringatan hari kartini merupakan pelecut semangat seluruh perempuan Indonesia, karena perempuan sesungguhnya memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk berkiprah sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, dalam rangka memperingati hari kartini ke-143 bertajuk “Kepemimpinan Perempuan […]