Posting Ujaran Kebencian, Seorang Pemuda Diamankan

Bima, Tribun-sumbawa.com – Gara-gara unggahan di media sosial, seorang Pemuda di Kabupaten Bima ditangkap oleh Tim Puma Satuan Reserse Kriminal Polres Bima. Pemuda ini seorang warga yang diduga keras melakukan tindak pidana ujaran kebencian di Desa Bumi Pajo Kecamatan Donggo Kabupaten Bima, Kamis (28/10).

Kejadian tersebut berawal ketika terduga yang diketahui beriinisial SN laki-laki berusia 23 tahun memposting statusnya melalui akun media sosial dengan kata-kata yang mengandung ujaran kebencian terhadap institusi Polri dan DPR. Dengan adanya kejadian tersebut kasat reskrim memerintahkan katim puma Polres Bima untuk melakukan penyelidikan terhadap keberadaan posisi tersangka.

“Kami masih dalami motif dari tersangka melakukan ujaran kebencian tersebut di media sosial,” jelas Kasat Reskrim  IPTU Adhar, S. Sos.

Sekitar pukul 17.00 wita anggota menerima informasi bahwa terduga pelaku berada di kediamannya, lalu tim puma langsung menuju lokasi, namun saat itu terduga pelaku tidak berada di tempat. Namun sekitar pukul 19.00 wita terduga pelaku datang sendiri dengan tujuan menyerahkan diri ke Polres Bima.

Dengan kejadian tersebut terduga pelaku terancam terkena pasal 28 ayat ( 2 ) jo pasal 45 A ayat ( 2 ) UU ITE no. 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU no 11 tahun 2018 tentang ITE, dengan ancaman 6 tahun penjara. “Selanjutnya  di hari yang sama  (29/10) sekitar pukul 23.50 wita  3 orang  anggota Sat Reskrim berangkat ke Polda NTB untuk melimpahkan penanganan berkas perkara  dan penyerahan tersangka SN  guna pendalaman lebih lanjut,” tutupnya. (TS/Im)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dua Program Ini Akan Memacu Pertumbuhan Ekonomi untuk Sumbawa Lebih Maju

Sab Okt 31 , 2020
SUMBAWA BESAR, TRIBUN — Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Jarot – Mokhlis menilai, agro Industri dan pariwisata sangat pas dikembangkan di Sumbawa untuk memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat. Dua program ini seperti mata pisau tajam yang siap dipakai untuk membangun Sumbawa ke depan lebih maju. “Kita ketahui bersama […]