Positif Covid-19 dan Isolasi Mandiri Dapat Gunakan Hak Pilih

Sumbawa Besar, Tribun-sumbawa.com – Bagi pasien yang sedang menjalani rawat inap atau isolasi karena terpapar covid-19, dan masyarakat yang menjalani isolasi mendiri di rumah, dapat menggunakan hak pilih pada 9 Desember mendatang. Untuk dua kategori pemilih tersebut, petugas TPS bersama pengawas akan mendatangi rumah sakit atau rumah masing-masing.

“Khusus untuk pemilih yang sakit rawat inap, atau reaktif hasil rapid, atau isolasi mandiri, atau isolasi di rumah sakit yang saat ini di sumbawa. Yang terdaftar dalam DPT, yang saat ini rawat inap atau isolasi yang terpapar covid, nanti ada teknis dalam hal melayani. Nanti ada dua KPPS didampingi pengawas TPS untuk membawa surat suara dari TPS dimana pemilih tersebut terdaftar sebagai pemilih dibawa ke rumah sakit tempat isolasi atau rawat inap,” kata M.Ali, Kadiv Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partispasi KPU Kabupaten Sumbawa, Senin (07/12).

Ditegaskan, penggunaan hak pilih pasien covid-19 di rumah sakit dan menjalani isolasi mendiri, akan ditangani seusai dengan protokol covid-19. “Sehingga tim kesehatan yang akan masuk ke ruang isolasi. Dan itu semua menggunakan plastic. Surat suara sudah dibuka, agar pemilih dapat melihat bahwa surat suara ini utuh. Ini dibungkus pakai plastic. Sehingga pemilih itu mencoblos menggunakan paku di surat suara yang terbungkus plastic. Ketika selesai dicoblos, plastik ini dibuang. Sehingga surat suaranya saja yang dikembalikan,” jelasnya.

Ditegaskan, pemilih yang menjalani rawat inap covid-19, termasuk pemilih dalam kategori Daftar Pemilih Pindahan (DPPH). Sehingga akan dilayani oleh petugas dari TPS terdekat dengan rumah sakit tempat di rawat.

“Ini kan masuk Daftar Pemilih Pindahan (DPPH) yang statusnya isolasi dan rawat inap ini. misalnya dari kecamatan A, terus rawat inapnya di sumbawa. maka dari kecamatan A itu, di urus A.5-nya. Ini dianggap sebagai pemilih pindah. Sehingga yang melayani itu, TPS terdekat tempat dilakukan rawat inap atau isolasi, atau rumah sakit itu sendiri,” tegasnya.

Sedangkan pemilih yang menjalani isolasi mandiri, petugas KPPS akan mendatangi rumah masing-masing. “Nanti KPPS 6 akan dibekali dengan baju hazmat, standart protokol itu. Lalu pergi ke rumah pemilih untuk menggunakan hak pilihnya. Mereka dilayani diatas jam 12 sampai 13,” jelasnya. (Ts/011)

wartawan tribun

One thought on “Positif Covid-19 dan Isolasi Mandiri Dapat Gunakan Hak Pilih

  1. Gimana solusinya bahwa mahsiswa yang belum pulang ke Daerah asalnya untuk melakukan pemilihan,sementara orangtuanya tidak ada uangnya memulangkan anaknya apa tidak bisa seperti orang sakit tadi .mohon penjelasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Terkait Pelaksanaan P4GN 4 Tahun Terakhir, BNNK Bima Gelar Konferensi Pers

Sel Des 8 , 2020
Kota Bima, Tribun-sumbawa.com – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bima menggelar junpa pers dengan Delapan perwakilan Awak Media untuk menyampaikan program rehabilitasi selama 4 tahun terakhir, Selasa (8/12) di aula kantor setempat. Dalam kesempatan tersebut Kepala BNNK Bima Hurri Nugroho menyampaikan, capaian rehabilitasi dari tahun 2017 total klien sebanyak 41 […]