Peringati HANI 2021, FIAN Sumbawa Sukses Gelar Donor Darah

Sumbawa Besar, tribun-sumbawa.com – DPD Forum Indonesia Anti Narkoba (FIAN) Kabupaten Sumbawa kembali melaksanakan kegiatan bhakti sosial, untuk membantu sesama yang membutuhkan. Kali ini, dalam memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) tahun 2021, FIAN  Sumbawa yang bekerjasama dengan Karang Taruna Unter Bulaeng serta beberapa organisasi kepemudaan yang ada di daerah, sukses menggelar kegiatan donor darah, dengan tema “Jauhkan Narkoba, Donorkan Darah, Bersama Kita Jaga Kehidupan Dunia” Menjalin Kasih Tanpa Stigma. Kegiatan yang terlaksana di aula kantor Desa Kerato Kecamatan Unter Iwes pada Rabu (30/6) sekaligus untuk memperingati Hari Donor Darah Sedunia.

Ketua Panitia Pelaksana – Ari Adysapoetra S.Kep., NS dalam laporannya mengatakan, sejauh ini FIAN Sumbawa intens menggelar kegiatan ditengah masyarakat. Selain donor darah, sebelumnya juga pernah melaksanakan konseling kesehatan, serta lainnya.

Lebih jauh dijelaskan, adapun tujuan kegiatan ini adalah sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat, terutama yang membutuhkan darah. Selain itu juga untuk menambah stok darah di UDD PMI Sumbawa. ”Kami ingin  memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan darah. Sehingga bekerjasama dengan PMI dan pihak terkait lainnya, kami melaksanakan kegiatan donor darah ini,” terangnya.

Penandatanganan Deklarasi Perang Terhadap Narkoba

Ditempat yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa – Abdul Rafiq SH menyampaikan terimakasih kepada seluruh pengurus FIAN yang telah melaksanakan donor darah tersebut. ”Ini kegiatan sosial yang berdampak besar pada keselamatan masyarakat di Kabupaten Sumbawa. Kegiatan donor darah ini sangat luar biasa. Ada FIAN yang peduli, dengan mengadakan kegiatan ini. Mudahan niat baik dari teman-teman FIAN dapat berjalan baik, dan manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Sumbawa,” tuturnya.

Terhadap peredaran narkoba saat ini, Rafiq yang juga Dewan Pimpinan FIAN Sumbawa menekankan perlu kerjasama semua pihak untuk memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Sumbawa. Hadirnya FIAN di daerah ini menurutnya sebagai angin segar dalam membantu Pemerintah untuk perang terhadap narkoba. ”Di Sumbawa sudah darurat narkoba. Kita jangan santai, jadi harus serius dalam penanganannya. Untuk narkoba ini tugas bersama secara gotongroyong,” tukasnya.

Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap pemberantasan narkoba, Rafiq telah mensupport anggaran sebesar Rp 50 juta kepada DPD FIAN Sumbawa. Pihaknya juga berharap FIAN dapat meningkatkan SDM di internalnya.

Ketua DPD FIAN Sumbawa Sedang Melakukan Donor Darah

Sementara, Ketua DPD FIAN Sumbawa – H Kusmanto S.Kep., Ners., MM.Inov, menjelaskan, kegiatan donor darah ini merupakan bentuk nyata kepedulian yang tinggi dari segenap keluarga besar FIAN Sumbawa kepada kemanusiaan, karena dapat memberikan kontribusi  besar dalam upaya PMI memenuhi kebutuhan darah bagi masyarakat Sumbawa. Dengan kegiatan ini, diharapkan pemuda lebih bisa terhindar dari pengaruh negatif narkoba. Hal ini juga sejalan dengan peran FIAN untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya narkoba, terutama dalam hal pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN). ”Dengan mendonor, akan membawa dampak kesehatan yang baik bagi diri kita sendiri dan orang lain. Hal ini selaras dengan tupoksi FIAN dalam memberikan edukasi terutama dalam hal pencegahan,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, FIAN juga menyampaikan penghargaan tinggi bagi semua organisasi kepemudaan, karang taruna yang sudah bersedia berkolaborasi dalam menyukseskan kegiatan donor darah dimaksud. ”Target kita bisa hasilkan 50 kantong darah. Kalaupun bisa lebih, kami sangat bersyukur dan berterimakasih kepada masyarakat Kabupaten Sumbawa,” demikian Anto.

Sekretaris FIAN Sumbawa Saat Melakukan Pemeriksaan Tensi Darah

Dalam Kegiatan tersebut juga dilakukan penandatanganan deklarasi “Perang Terhadap Narkoba” oleh para peserta yang hadir. Mulai dari Ketua DPRD Sumbawa, Ketua DPD FIAN Sumbawa, Ketua Iiswara Sumbawa, serta lainnya. Juga ada pemberian plakat dari FIAN Sumbawa kepada Ketua DPRD Sumbawa. (TS/002)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ini Penjelasan Sekda Terkait Penggunaan Dana Covid-19 Pemkab Bima

Kam Jul 1 , 2021
Kota Bima, Tribun Sumbawa – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bima, H.Taufik, Hak,M.Si menegaskan,  penggunaan dana Covid-19 Tahun 2020 sudah sesuai prosedur dan dapat dipertanggung jawabkan. “Bahkan sebelum penggunaannya telah dilakukan MOU antara Aparat Penegak Hukum (APH) yakni Kejaksaan Negeri Bima dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima,” terang H. Taufik Rabu (30/6). […]