Perangi Ilegas Loging, TNI Ingatkan Pengusaha

SUMBAWA BARAT, TRIBUN

Tentara Nasional Indonesia (TNI) memperingatkan para pengusaha dan otoritas pelaksana pembangunan Bendungan Bintang Bano, di Kecamatan Brang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat untuk mengawasi penebangan pohon diluar ketentuan yang berlaku.

Komandan Komando Distrik Militer (KODIM) 1607 Sumbawa, Letkol Arm. Sumanto menegaskan TNI tidak segan segan bertindak keras serta menangkap para pelaku illegal logging atau penebangan pohon ilegal, jika terbukti menjarah kayu negara tersebut.

“Indikasi penebangan ilegal itu ada. Jadi saya sengaja melaksanakan kunjungan kerja kesini (Bintang Bano,red) untuk mengajak dan menghimbau pelaksana proyek dan pengusaha kayu agar mengawasi pencurian kayu ini,” katanya, kepada wartawan.

Dandim berkunjung ke lokasi pembangunan proyek Bendungan Bintang Bano yang dikerjakan perusahaan milik negara, PT Brantas Abi Praya. Di lokasi Dandim diterima kepala pelaksana PT Hutama Karya, mitra Brantas, Budiono serta Humas PT. Brantas, Kurniawan. Ada juga perwakilan dinas PU Provinsi NTB, Bambang.

Oleh pelaksana proyek, Dandim diajak berkeliling meninjau progress pembangunan bendungan yang menelan anggaran lebih dari Rp 1,2 Trilliun tersebut. Iapun menerima penjelasan seputar tehnis dan pelaksanaan proyek. “Saya hanya minta penebangan pohon sesuai prosedur. Kami akan memerangi aktifitas penebangan diluar aturan,” akunya, lagi.

Selain mengunjungi lokasi proyek, Dandim juga berkunjung dan berdialog dengan pengusaha kayu, H.Syafi’i. Pengusaha showmile mesin pemotong kayu ini diminta bekerjasama dengan aparat TNI mengawasi aktifitas illegal logging. Dandim bahkan mengingatkan pengusaha bersangkutan agar tidak melakukan aktifitas ilegal seperti pencurian kayu.

“Jika mengantongi izin sebaiknya ikut mereboisasi lahan yang sudah ditebang. Kita jaga keberlangsungan ekosistem hutan dan sumber air. Saya juga meminta kepada masyarakat, pengusaha khususnya anggota TNI agar tidak ragu ragu melaporkan dan bertindak tegas terhadap para pelaku illegal logging ini,” demikian, Dandim. (ta/009)

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Camat Jereweh, Sebut Perlu Ada Pembinaan Pengemudi Dum Truck

Sen Mei 22 , 2017
SUMBAWA BARAT, TRIBUN Antisipasi kian marak kecelakaan lalu lintas, termasuk kasus kecelakaan maut yang menimpa salah satu siswi Klas II SMA Negeri 1 Taliwang, Alda Amelia (17) beberapa waktu lalu akibat tabrak lari. Prihatin akan hal itu, tampaknya Camat Jereweh akan melibatkan Dinas Perhubungan KSB untuk menginisiasi melakukan pembinaan terhadap pengemudi […]