Pentingnya Peran Pemerintah Dalam Menanggulangi Aktifitas Penebangan Pohon di Kawasan Hutan

Oleh: Nur Safira
Mahasiswa Semester VI Ilmu Pemerintahan IISBU SAREA

Hutan lindung merupakan daerah atau Kawasan yang di tetapkan oleh pemerintah atau sekelompok masyarakat tertentu untuk di lindungi, dan harus dibina dari tindakan-tindakan yang mengakibatkan rusaknya sistem-sistem dunia. yang bertujuan agar tatanan air dan kesuburan tanah dapat di nikmati oleh banyak masyarakat, tetapi ada beberapa aktiitas manusia yang berakibat buruk dalam mengubah fungsi dari hutan tersebut, sebagai lahan pertanian yang ekonomis yang sebenarnya sudah melanggar aturan dari pemerintah. Karena terjadinya pemanfaatan hutan yang kurang baik, dengan menjadikan lahan pertanian, maka tentu akan merugikan bagi kelangsungan makhluk hidup terutama manusia.

Pada dasarnya kerusakan hutan diakibatkan oleh penebengan besar-besaran seperti penebangan secara liar.serta pembukaan lahan perkebunan. Yang mengakibatkan terjadinya banjir, tanah longsor, meningkatnya suhu bumi,kurangnya oksigen, dan berkurangnya daerah tempat tingal hewan. salah satu cara menjaga dan memelihara fungsih dari hutan yaitu dengan melakukan pembaharuan sumber daya alamnya,namun jika pembaharuan dilaksanakan akan kurang efektif apabila masih banyak aktivitas buruk masyarakat yang dapat merugikan sumber daya alam dalam hutan.

Maka dari itu pentingnya peran dari pemerintah untuk menanggulanggi permasalaan tersebut. Dilihat dari karakter masyarakat itu sendiri mengapa masyarakat melanggar aturan dari pemerintah. bisa jadi dikarenakan kurangnya pemahaman masyarakat terhadap pengaruh dari rusaknya ekosistem,atau bisa juga karna banyaknya mayarakat yang menggantungkan kebutuhan hidupnya dengan memanfaatkan sumber daya alam di dalam hutan.

Dilihat dari karakternya tentu pemerintah harus lebih memberi pemahaman,dan ketegasan kepada masyarakat dalam bentuk menindak setiap kegiatan yang merusak hutan,dan memberi peluang pada setiap daerah untuk berlomba-lomba membangun daerahnya dengan mendiriikan pemukiman,usaha dengan memperhatikan bentangan dari daerah hutan lindung. Dari peluang tesebut masyarakat akan lebih banyak mendapat peluang kerja lain tanpa memanfaatkan hutan sebaagai tempat kebutuhan hidupnya. Hal yang paling penting adalah bagaimana masyarakat bisa memanfaatkan fungsi hutan tanpa hars merusak fungsinya. (*)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Apakah Partai Politik Telah Bekerja Semaksimal Mungkin Untuk Indonesia?

Sel Apr 6 , 2021
Penulis : Shania Ainnayah AlfatihaMahasiswa Ilmu Pemerintahan IISBUD Sarea Secara teoritis, partai politik adalah kanalisasi dari kepentingan masyarakat agar diperjuangkan menjadi kebijakan negara. Karena setiap masyarakat itu berbeda-beda sehingga kepentingannya juga beragam, Partai politik pun bermacam-macam. Partai politik berada di tengah-tengah, antara negara dan masyarakat. Ia menjadi jembatan diantara keduanya. […]