Peningkatan Mutu Pendidikan Terhambat Karena Penyebaran Guru SD dan SMP Tidak Merata

DOMPU,TRIBUN

Penyebaran guru SD dan SMP di Kabupaten Dompu tidak merata. Akibatnya, peningkatan mutu pendidikan terhambat.

Demikian disampaikan, Kabid Dikdas Dikpora Kabupaten Dompu, Zainal Afrodi SPd. MM., saat ditemui dikantornya, Senin (22/2/2021). Menurutnya, persoalan tidak meratanya guru karena kurangnya jumlah tenaga guru.

“Selain kurangnya jumlah guru, banyak permohonan mutasi dari guru berstatus PNS, sehingga penyebaran guru sulit merata,”kata Zainal Afrodi.

Menurutnya, banyaknya penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dibandingkan PNS bukan tanpa alasan, karena PPPK apabila telah dinyatakan diterima maka tidak bisa mengajukan permohonan pindah tempat kerja, sedangkan PNS bisa.

Sementara itu, Kabid Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), Syaiful Arif SPd MPd., ditemui terpisah menyampaikan, bahwa jumlah tenaga guru PNS tingkat SD saat ini berjumlah 1.481, sedangkan Guru Tidak Tetap (GTT) sebanyak 2.184. Kemudian SMP, jumlah guru PNS 669 dan GTT sejumlah 854.

“Upaya pemerataan guru SD dan SMP sulit, karena  untuk SD kekurangan tenaga guru PNS sekitar 600, dan SMP sekitar 300. Kekurangan ini terutama terjadi pada guru mata pelajaran agama dan penjaskes.” ungkapnya.

Saat ini, kata Syaiful, pihaknya berupaya bagaimana  pemerataan guru yang ada, dengan melakukan pendataan ulang atau sinkronisasi terhadap jumlah guru di setiap sekolah, guna meningkatkan mutu pendidikan.(ts/rf*)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Mobil Terseret Arus Sungai, Pengendara Dilaporkan Hilang

Sel Feb 23 , 2021
Sumbawa Besar, Tribun – Mujiburahman (47) warga Desa Batu Tering, Kecamatan Moyo Hulu, Sumbawa dilaporkan hilang pada Selasa (23/2/21) sekitar pukul 17.45 Wita. Sebelumnya Ia diketahui hendak pulang dari sawahnya melewati sungai Melung menggunakan sebuah mobil, namun nahas karena terseret derasnya arus sungai tersebut. Kepala Desa Batu Tering – Alwan […]