Pengurus Baru RAPI Sumbawa Diharap Semakin Solid dan Mendukung Daerah

Sumbawa Besar, Tribun – Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) 15.06 Wilayah Sumbawa kini memiliki kepengurusan baru untuk masa bhakti 2021-2025. Ini sekaligus digelarnya musyawarah wilayah ke-2 pada Sabtu, 27 Februari 2021 siang di Taman Saliper Ate, Sumbawa.

Kegiatan yang berlangsung dengan menerapkan protokol covid-19 secara ketat ini turut dihadiri Ketua Daerah RAPI 15 NTB, Ketua Wilayah RAPI 15.06 Sumbawa, Ketua Dewan Pengawas RAPI Kabupaten Sumbawa beserta segenap pengurus RAPI Kabupaten dan juga Kecamatan. Bertemakan “Dengan Muswil Ke-2 RAPI 15.06 Kita Tingkatkan Kepedulian Dalam Membangun Masyarakat Sumbawa” bertujuan antara lain untuk menyusun program RAPI periode 2021-2025 serta penyegaran pengurus RAPI periode 2021-2025.

Adapun Ketua RAPI 15.06 Wilayah Sumbawa terpilih yaitu Dr. Syafruddin SE., MM – JZ 15 ST. Kemudian Sekretaris, R. Arif S, S.Sos – JZ 15 RQ, dan Bendahara dijabat H. Halim Lubis S.Ag – JZ 15 FHL. Sementara Ketua RAPI 15.06 Sumbawa periode 2017-2021, H. Sahabudin S.Sos., M.Si – JZ 15 SH kini dipercaya sebagai Ketua DPPOW.

Dalam Sambutan Plh. Bupati Sumbawa yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Sumber Daya Aparatur dan Kemasyarakatan, Drs. Zainal Abidin menyampaikan selamat atas dilaksanakannya Muswil ke-2 RAPI Sumbawa. Menurutnya, RAPI telah berkontribusi banyak dalam upaya penanggulangan bencana di daerah. Bahkan keberadaan RAPI sangat membantu Tim Tanggap Bencana Daerah dalam menangani bencana tersebut melalui dukungan komunikasi radio yang dimiliki segenap anggota RAPI Kabupaten Sumbawa.

Tidak hanya itu, RAPI Sumbawa juga telah berkontribusi dalam membantu proses pembelajaran siswa di masa pandemi ini. Terutama di daerah terpencil yang masih kesulitan mendapatkan akses internet. Sehingga pembelajaran dilakukan menggunakan handy talky melalui frekuensi RAPI. “Melalui kepengurusan yang baru nantinya, RAPI Sumbawa diharapkan dapat terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah serta turut berperan aktif dalam mendukung pelaksanaan pembangunan melalui bantuan komunikasi Radio Antar Penduduk,” imbuhnya.

Ketua RAPI Daerah NTB – Muhammad Zubirman S.P menyampaikan, RAPI merupakan organisasi nirlaba yang sama sekali kegiatannya untuk membantu pemerintah dalam hal kegiatan sosial dan penanganan bencana.

Diakuinya, ada satu hal yang menarik dengan kegiatan RAPI Sumbawa dalam membantu pendidikan di masa pandemi covid-19. Dimana bantuan pembelajaran di area blonk spot yang berhasil dilakukan menjadi contoh bagi daerah lain, dan telah diikuti.

Dalam musyawarah wilayah ini, ia berharap tidak akan menjadi boomerang dan perpecahan di tubuh RAPI Wilayah Sumbawa. Siapa pun nahkoda terpilih itu lah yang harus kita ikuti dan patuhi. Karena hal ini sesuai dengan kode etik dari RAPI itu sendiri. “Mari kita sama – sama saling mendukung memajukan RAPI dan membantu Pemerintah di Sumbawa ini. Kami juga mengharapkan Pemda juga bisa memberikan dukungaannya kepada RAPI,” pungkasnya. (TS/010)

wartawan tribun

One thought on “Pengurus Baru RAPI Sumbawa Diharap Semakin Solid dan Mendukung Daerah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

TNI-Polri di NTB Gowes Sinergi dan Bakti Sosial

Ming Feb 28 , 2021
Mataram, Tribun-sumbawa.com – Jajaran Polda NTB, Korem 162/WB, Lanal Mataram, dan Lanud ZAM Rembiga, gelar Gowes bersama menghiasi suasana pagi di jalanan kota Mataram, Sabtu (27/02). Gowes itu diikuti seluruh PJU Polda NTB beserta istri, PJU Korem 162/WB beserta istri, personel dari Lanal Mataram, dan Lanud ZAM Rembiga, Kegiatan ini […]