Pengaruh Perkembangan Anak Dalam Keluarga

Artikel

Oleh: Lisa Ulandari (2020G1B036)

Prodi : PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah)

Fakultas : Agama Islam

Universitas : Muhammadiyah Mataram

Penulis

Seperti yang kita ketahui, banyak kita temukan kasus-kasus rusaknya moral dan tingkah laku pada anak-anak masa kini, seperti berbagai macam kasus yang terjadi didalam lingkungan masyarakat. Contohnya yakni kejahatan seperti tauran, penculikan, pemerkosaan, pembunuhan, dan kejadian lainnya. Adapun contoh kasus-kasus didalam lingkungan keluarga yakni seperti orang tua yang selalu memanjakan anak sehingga karakter anak tumbuh menjadi tidak patuh, membangkang, bahkan membentak kedua orang tuanya. Semua itu bisa terjadi dikarenakan kurangnya perhatian keluarga didalam perkembangan si anak seperti kurangnya interaksi antara orang tua dan anak, tidak memberi contoh keteladanan yang baik pada anak, singkatnya terlalu acuh pada tumbuh kembang si anak.

Perkembangan anak adalah perubahan yang terjadi kepada anak dari waktu ke waktu, baik itu perubahan biologis, psikologis, maupun emosional. Perkembangan ini terjadi dari anak berada didalam perut hingga meninggal dunia. Disinilah sangat dibutuhkan peran keluarga/orang tua untuk memastikan anaknya tumbuh sehat dan aman, menanamkan karakter dan pola asuh yang baik kepada anak. Hubungan antara orang tua dan anak yang dilandasi dengan kasihsayang dan perhatian dapat membantu perkembangan anak, baik itu perkembangan sosial, emosional, dan kognitif anak.

Pengaruh perkembangan anak dalam keluarga jika terlaksana ke arah yang positif akan membentuk manusia yang berbudi pekerti baik, santun, taat aturan, pekerja keras, pantang menyerah serta membentuk pribadi yang tangguh dalam menjalani hidup. Perlu kita sadari, perkembangan anak yang baik dalam keluarga bukan hanya dapat membentuk manusia yang berkualitas tetapi dapat membantu bangsa dan negara untuk menurunkan potensi permasalahan serta kejahatan yang marak terjadi di negara kita tercinta ini, karena yang akan membangun bangsa kedepannya adalah anak-anak bangsa di masa sekarang.

003

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Turnamen Olahraga Antar OPD Lingkup Pemkab Bima Resmi Dibuka

Kam Jun 23 , 2022
Bima, Tribun Sumbawa – Servis perdana oleh Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE (IDP) yang dilanjutkan dengan pertandingan eksebisi Bola Voli antara Pejabat eselon II dan III Lingkup Sekretariat Daerah vs Pimpinan OPD lingkup pemkab Bima Rabu (22/06/2022) di Lapangan Voli Kantor Bupati Bima menandai dimulainya Turnamen Olahraga antar […]