Penerapan Aplikasi BUMDES Mart Uma Beringin Sebagai Program Pengabdian Kepada Masyarakat UTS

Sumbawa Besar, tribun-sumbawa.com – Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) di tanggal 10-12 November 2021 lalu, telah menyelenggarakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) dengan tema “Penerapan Aplikasi BUMDES Mart Uma Beringin”. Kegiatan yang dilaksanakan di aula Kantor Desa Uma Beringin Kecamatan Unter Iwes Kabupaten Sumbawa merupakan salah satu kegiatan yang didanai Hibah PkM Internal UTS di Tahun 2021.

Dihadiri oleh Sekretaris Desa Bersama perangkat Desa Uma Beringin dan Dekan Fakultas Rekayasa Sistem UTS, Bapak Mietra Anggara, M.T., serta Tim PkM yakni Ibu Shinta Esabella., M.TI., Bapak Muhammad Hidayatullah, M.Sc., Ibu Titi Andriani, M.T., Bapak Rodianto., M.Kom., Erwin Mardinata, S.Kom., M.M.Inov.,(alumni) dan mahasiswa UTS Rizka Irjiba, Malik Bayu Aji, Samsurya, Hilmy Adrizul juga Mar’i Yustiardin menambah meriah kegiatan tersebut.

Dalam Sambutan Kepala Desa Uma Beringin yang diwakilkan oleh Sekdes, Bapak Muhammad Akasa Hafidz, S. Ikom., beliau menyampaikan apresiasi dari hasil PkM Dosen UTS yakni Aplikasi BUMDES Mart yang dapat diakses di http://bumdes.umaberingin.desa.id yang dapat menjadi wadah etalase digital bagi produk-produk pelaku usaha di desa Uma Beringin, bagi Tim Penggerak PKK Desa dan Pengurus Karang Taruna Desa,
Acara yang berlangsung selama tiga hari ini, diawali dengan pemberian motivasi Strategi Peningkatan Penjualan Produk, dimaksudkan agar para pelaku usaha mendapatkan tambahan wawasan untuk meningkatkan strategi penjualannya. Kemudian dihari kedua dilaksanakan pelatihan penggunaan Aplikasi BUMDES Mart, dimulai dengan panduan tata cara menggunakan aplikasi, membuat Akun Penjual hingga pelaku usaha memasukkan data dan foto produk dalam aplikasi.
Pada hari ketiga, pelaksanaan kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan buku panduan aplikasi oleh Tim PkM kepada desa yang diwakilkan oleh Sekdes Uma Beringin.

Dengan suksesnya acara tiga hari ini, diharapakan terjalin sinergi selalu dalam Program Pengabdian Kepada Masyarakat antara Dosen dan Mahasiswa yang mampu membangun desa menjadi desa yang cerdas, maju, dan mampu menjadi percontohan model bagi desa-desa lainnya, khususnya di Kabupaten Sumbawa.

Salam sukses untuk kita semua, Universitas Teknologi Sumbawa Membumi dan Mendunia serta Kampus Merdeka UTS Jayalah Sepanjang Masa.*

002

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Baznas Kobi Intens Bagikan Sembako Kepada Pedagang Bakulan

Sen Nov 15 , 2021
Kota Bima, Tribun Sumbawa – Baznas Kota Bima berencana akan memberikan bantuan berupa sembako dan Uang tunai para pedagang Bakulan yang ada di 41 Kelurahan di Kota Bima. Pemberian bantuan ini merupakan agenda rutin Baznas Kota Bima setiap tahunnya. Kepala Bidang Pengumpulan dan  Ketua Baznas Kota Bima H. Nurdin, S.Sos, […]