Pemda Persiapkan Eks Puskesmas Moyo Hilir Sebagai Ruang Rawat Pasien Covid-19

Sumbawa Besar, tribun-sumbawa.com – Sekda Sumbawa, sekaligus ketua gugus tugas covid-19, H.Hasan Basri mengatakan, tengah mempersiapkan bangunan eks puskesmas moyo hilir sebagai ruang perawatan pasien covid-19. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kasus positif covid-19 pasca lebaran dan libur panjang.

“Sekarang kami pemerintah daerah sedang mempersiapkan untuk tempat perawatan tambahan. Kita sedang recanakan untuk perbaiki bekas puskesmas moyo. Ada yang kacanya, jendelanya, pintunya kurang bagus. Itu yang sedang dihitung berapa biayanya,” kata dia di ruang rapat Sekda Sumbawa, Kamis (20/05).

Diungkapkan, dengan peningkatan kasus yang terjadi akhir-akhir ini, dipandang perlu untuk mencari alternative ruang perawatan tambahan. Dan Puskesmas tersebut diperkirakan dapat menampung pasien dengan 14 kamar perawatan.

“Itu 14 kamar. Kita usahakan yang rehabnya sedikit, tapi daya tampungnya banyak. Itu disana, kalau seandainya ada terjadi lonjakan kasus karena kemarin libur panjang. Kalau itu terjadi kita akan rawat disana. Sekarang 50 pasein yang masih dirawat, masih bisa ditampung di fasilitas yang ada. Di RSUD di sering bisa 33 orang, di rumah sakit atas itu 20 orang. Itu sudah sangat mendesak untuk kita cari alternative lain,” ucapnya.

Ditegaskan, untuk mengantispasi lonjakan kasus, pemda sumbawa telah mengeluarkan surat edaran untuk menutup tempat seluruh wisata di Kabupaten Sumbawa. hal tersebut seiring dengan instruksi Presiden RI, agar mengantisipasi lonjakan kasus.

“Itu sejalan juga dengan instruksi presiden kemarin, bahwa presiden mengatakan supaya berhati-hati sekarang ini. karena dibeberapa tempat disinyalir meningkat sekarang. Sehingga perlu diperketat kembali terhadap daerah-daerah yang zona merah dan orange itu. Supaya ditutup sementara tempat wisata, dibatasi kegiatan-kegiatan yang bisa mengundang, mendorong terjadi pengumpulan masa. Agar diperketat protokol kesehatan,” tegasnya. (Ts/011)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Achmad Fachri Pastikan Kantor PAN Sumbawa Milik Partai

Kam Mei 20 , 2021
Sumbawa Besar, Tribun – Keberadaan kantor DPD PAN Kabupaten Sumbawa yang berada di Jalan Amanat kini menjadi rebutan. Ketua DPD PAN Sumbawa Achmad Fachri memastikan kantor yang sudah cukup lama menjadi sekretariat PAN tersebut merupakan milik partai seutuhnya. Termasuk Ketua Pelaksana Harian DPD PAN Sumbawa Muhammad Jabir yang juga mengklaim […]