Pembangunan Hunian Korban Kebakaran Naru Barat Butuh Rp.4 M

Bima, Tribun Sumbawa – Hingga hari ketujuh tahapan tanggap darurat bencana kebakaran yang terjadi di RT.11 dan RT. 12 Desa Naru Barat Kecamatan Sape, Tim Terpadu  dan Posko Induk dibawah koordinasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Bima telah melakukan pendataan kerugian, persiapan pembangunan hunian untuk pengungsi, dengan membangun kerjasama dengan pemerintah Propinsi, Pusat dan Donatur/Masyarakat. 

Kepala Pelaksana BPBD kabupaten Bima M.Chandra Kusuma AP Minggu (17/10) memaparkan,  perkiraan kerugian perumahan warga senilai Rp. 2,1 Miliar, sedangkan perkiraan nilai kerugian harta benda mencapai Rp. 462,4 juta, dengan total kebutuhan anggaran untuk pembangunan rumah sebesar Rp. 4.095.000.000,-.

Posko Induk juga mencatat 72 penyumbang/donatur tunai, baik perorangan maupun organisasi dengan total pemasukan senilai Rp. 503.504.000. Demikian halnya donatur yang berpartisipasi, Posko Induk mencatat terdapat 311 donatur yang berpartisipasi,  baik organisasi maupun perseorangan.

Berkaitan dengan upaya tanggap darurat,  Tim dan Posko Induk telah melakukan penerimaan, pendataan dan distribusi logistik dan peralatan. Juga melakukan pengamanan dan pembersihan lokasi kebakaran.

Kegiatan lain yang dilakukan adalah  membangun tenda pengungsian,  pelayanan kesehatan, trauma healing dan bimbingan rohani serta pelaksanaan dapur umum.

Kegiatan tanggap darurat tersebut melibatkan 21 instansi dan dan lembaga terbaik dari kalangan ASN, TNI/ Polri/BUMN/BUMD maupun mahasiswa dengan melibatkan 141 personil. 

Posko tanggap darurat juga telah mendistribusikan puluhan ribu paket makanan, pangan, peralatan kesehatan, perangkat kebersihan, papan berupa bantal, terpal, selimut,  matras, tenda, alat kelistrikan, Seragam sekolah, alat tulis  dan pompa air.   Demikian halnya pakaian,  perlengkapan dapur kepustakaan/pendidikan dan perlengkapan ibadah.

Dengan besarnya kepedulian dan dukungan seluruh elemen bagi penanggulangan musibah kebakaran tersebut, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri  SE secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih kepada para donatur dan semua pihak yang telah ikut serta membantu meringankan beban keluarga yang ada di desa Naru Barat Kecamatan Sape. 

Dalam  Bupati juga mengharapkan agar masyarakat juga dapat memberikan bantuan berupa kebutuhan papan dan uang, karena itu yang mendesak dalam upaya penyiapan hunian untuk korban bencana kebakaran. (TS/IM)

007

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Buka Turnamen Sepakbola, Bupati Bima: Bangga Partisipasi Masyarakat Wera Raya

Sen Okt 18 , 2021
Bima, Tribun Sumbawa – Pembukaan Turnamen Sepak bola antar aparatur Desa se Wera Raya (Kecamatan Wera dan Kecamatan Ambalawi) Ahad (17/10) Lapangan Desa Nunggi  yg diikuti oleh 20 Desa  dimanfaatkan oleh Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE untuk menyampaikan apresiasi atas partisipasi aktif warga di kedua kecamatan serumpun dalam […]