Panen Lobster Perdana Sumbawa Sekitar Oktober-November

Sumbawa Besar, Tribun-sumbawa.com – Dari sektiar 25 kelompok yang saat ini melakuka budidaya lobster, diperkirakan akan panen sekitar Oktober atau November tahun ini dengan bobot 250 hingga 300 gram per ekor. Dari hasil budidaya tersebut, diperkirakan masing-masing kelompok akan memperoleh sekitar Rp 500 juta dari hasil penjualan lobster.

“Nanti harapanya oktober-november itu bisa mencapai paling tidak 250 sampai 300 gram. Karena itu sudah ada pasarnya. Kalau hitung-hitungan kami dari dinas teknis, kalau panen nanti bisa sampai Rp 500 juta per kelompok,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa, melalui Kepala Bidang Perikanan Budidaya, Rahmat Hidayat di ruang kerjanya, Kamis (25/03).

Dikatakan, kelompok-kelompok tersebut sebelumnya melakukan budidaya mutiara, siput dan kerapu. Dan beberapa kelompok lainnya melakukan penampungan lobster. “Kalau memang dari segi pengalaman budidaya lobster memang teman-teman yang di Lombok Timur itu memang lebih pengalaman. Pelakunya memang lebih banyak juga disana. Ini tahun pertama, karena selama ini mereka dibudidaya mutiara, siput, kerapu. Ada juga di lobster tapi sifatnya hanya menampung. Yang betul-betul mulai budidaya dari benih ya sekarag ini, itu mulai sekitar akhir 2020 kemarin,” ucapnya.

Dikatakan, dalam panen perdana tersebut, kelompok melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa, diharapkan dapat dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan pejabat kementerian. “Harapan kelompok secara umum bisa pejabat dari kementerian bisa hadir di kelompok, tapi kemi dari dinas teknis selaku Pembina sekarang ini kan tergantung di kelompok. Kita harapkan bisa sukses paling tidak oktober-november. kalau bagus hasilnya maka kita bisa upayakan hadirnya pejabat dari kementerian, apakah nanti menteri atau pak dirjen perikana budidaya. Selama ini kita juga sudah coba jalin komunikasi,” katanya.

Saat ini, lobster yang dibudidaya oleh kelompok tersebut, telah mecapai bobot antara 8 hingga 10 gram per ekor. “Sekarang alhamdulillah perkembangannya, masih bagus. Dalam dua bulan ini pertumbuhan lobster kita sudah sekitar 8 sampai 10 gram,” tegasnya. (Ts/011)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

DKP Sumbawa Usul Tiga Desa Jadi Kampung Budidaya Lobster

Kam Mar 25 , 2021
Sumbawa Besar, Tribun-sumbawa.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sumbawa mengusulkan tiga desa sebagai Desa Budidaya Lobster ke Kementerian melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi, yakni desa Pulau Bungin Kecamatan Alas, Desa Pulau Kaung dan Desa Labuhan Burung Kecamatan Buer. Usulan tersebut mempertimbangkan kondisi dan sumber daya serta dukunga […]