Operasi Jaran gatarin 2017, 17 Pencuri Ditangkap 8 Diantaranya Dibawah Umur

 

SUMBAWA BESAR, TRIBUN

Kapolres Sumbawa AKBP Muhammad SIK, merilis hasil operasi jaran gatarin 2017, yang mulai digelar 1 Februari – 14 Februari 2017. Dari waktu itu, polisi berhasil menangkap sebanyak 17 pencuri.

“Polres Sumbawa menggelar operasi dengan sandi operasi Jaran Gatarin 2017. Dimana sasaran utamanya yaitu kasus-kasus pencurian dengan pemberatan (Curat) pencurian dengan kekerasan(Curas) dan Curanmor atau yang kita kenal dengan 3C,” ujar Kapolres yang didampingi Kasat Reskrim Polres Sumbawa. AKP Elyas Ericson, Selasa (21/2).

Selama 14 hari di dijalankannya operasi ini, petugas kepolisian berhasil mengamankan sebanyak 17 tersangka. Penangkapan ini terungkap dari 8 laporan polisi. Diantaranya 7 kasus pencurian dengan pemberatan (Curat) dan satu pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).

Selain itu, dari ketujuh belas tersangka yang diamankan ini. Seorang diantaranya merupakan residivis yang sebelumnya sudah pernah melakukan tibdak pidana. “Semua tersangka kami lakukan penahanan di rutan Polres Sumbawa. Dan sementara ini dalam proses penyelidikan dan pemberkasan untuk kita limpahkan ke Kejaksaan,” tambahnya.

Tidak itu saja, sebanyak 8 tersangka yang ditahan merupakan anak yang masih di bawah umur. Terlebih lagi satu diantara kedelapan anak yang dibawah 17 tahun ini sudah pernah melakukan tindak pidana sebelum operasi Jaran Gatarin dilakukan.

Untuk anak yang sudah pernah melakukan tindak pidana ini nantinya akan dilakukan proses tindak pidana sesuai dengan aturan undang-undang perlindungan anak dan perpradilan anak. Dan tujuh anak lainnya juga disesuaikan dengan peraturan yang ada seperti dilakukan diversi.

Sebagai barang bukti atas tindakan yang dilakukan oleh para tersangka, pihak kepolisian mengamankan kendaraan yang digunakan dan juga hasil dari pencurian yang telah mereka lakukan. Seperti Sepeda motor, kulkas, televisi, burung beserta sangkarnya.

“Motor yang diamankan juga merupakan barang bukti yang digunakan sebagai sarana oleh pelaku,” Pungkasnya. (Ts/010)

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pelebaran Jalan Garuda Tahap Dua, Segera Dilakukan

Rab Feb 22 , 2017
  SUMBAWA BESAR, TRIBUN Pemkab Sumbawa berencana melanjutkan pelaksanaan pelebaran jalan Garuda mulai dari depan kantor Bulog Sumbawa hingga jembata Brang Biji. Setelah sebelumnya telah sukses melakukan pelebaran sepanjang 1,2 kilometer mulai dari depan kantor Bulog hingga depan kantor Pengadilan Negeri Sumbawa. Hal ini pun dibenarkan, Kabag Pertanahan Setda Sumbawa […]