KPU Kabupaten Sumbawa Tetapkan Data Pemilih Berkelanjutan

Sumbawa Besar, Tribun-sumbawa.com – Menindaklanjuti surat Plt. Ketua KPU RI nomor 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021 perihal pemutakhiran data pemilih berkelanjutan tahun 2021, sebagaimana telah diubah dengan surat Ketua KPU RI Nomor 366/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021 tanggal 21 April 2021, KPU Kabupaten Sumbawa menetapkan Data Pemilih Berkelanjutan, pada Jum’at (30/04/2021). Penetapan tersebut dilaksanakan dalam rapat pleno internal KPU Kabupaten Sumbawa. Demikian disampaikan Muhammad Kaniti, Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Sumbawa.

Disebutkan, perubahan jumlah Daftar Pemilih Berkelanjutan bersumber dari pemilih baru yang tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang menggunakan hak pilih dengan e-KTP pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa tahun 2020, sebanyak 2.081 pemilih, dengan rincian laki-laki 986 dan perempuan sebanyak 1.095 pemilih. Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan dengan jumlah sebanyak 339.226 pemilih dengan rincian laki-laki sebanyak 167.351 pemilih dan perempuan sebanyak 171.875 pemilih, tersebar di 24 Kecamatan. Rekapitulasi Data Pemilih Berkelanjutan tahun 2021 tersebut telah dituangkan dalam Berita Acara Rapat Pleno Rekapitulasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan tahun 2021 nomor 06/TIK.04/BA/5204/01/KPU-Kab/IV/2021, Jum’at tanggal 30 April 2021.

“Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan merupakan komitmen KPU RI untuk menghasilkan data pemilih yang mutakhir di luar tahapan Pemilu atau Pemilihan,” ujarnya.

Dikatakan, KPU Kabupaten Sumbawa membuka layanan masyarakat untuk menyampaikan informasi tentang keluarga atau kerabat yang sudah meninggal dunia yang nantinya akan dikeluarkan atau dihapus dalam daftar pemilih. Masyarakat cukup membawa surat keterangan yang diterbitkan Kepala Desa atau Lurah. Demikian pula terhadap masyarakat yang sudah berusia 17 tahun dan memilili E-KTP, perubahan elemen data kependudukan, pindah domisili serta yang sudah menjadi anggota TNI/Polri atau Pensiunan TNI/Polri.

“KPU tetap melaksanakan pemutakhiran data pemilih secara terus menerus stiap bulan di luar tahapan Pemilu. Di luar DPT Pileg. Data ini masih dinamis dan dimutakhirkan secara berkala. Sesuai Surat Ketua KPU RI nomor 366 tgl 21 April, penetapannya tiap bulan skali. Sumber data dari masukan masyarakat maupun pihak terkait. Seperti TNI/Polri memberikan informasi pemilih yg sdh jdi TNI/Polri atau sdh pensiun. Dinas Dukcapil memberikan informasi ttg pemilih yg sdh berusia 17 th dan memiliki e-KTP. Termasuk yg mengalami perubahan elemen data dan pindah alamat,” jelasnya. (Ts/011)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bupati Bima Ajak Warga Untuk Lestarikan Hutan dan Alam, Saat Safari Ramadhan di Parado dan Lambitu

Sen Mei 3 , 2021
Bima, Tribun Sumbawa – Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri SE, menghimbau kepada seluruh masyarakat dan keluarga di Kecamatan Parado ikut membantu proses penanaman kembali hutan agar bisa berjalan dengan baik. ‘’Jangan melihat besar dan kecilnya yang kita perbuat akan tetapi kita memastikan telah berbuat untuk daerah tercinta demi anak […]