KPPN Sumbawa Besar Selenggarakan End User Training (EUT) SAKTI Lanjutan

Sehubungan dengan implementasi secara penuh (roll out) SAKTI yang dimulai padaakhir tahun 2021, KPPN Sumbawa Besar kembali melaksanakan End User Training (EUT) sebagai persiapan pelaksanaan roll out SAKTI kepada Satuan Kerja Kementerian/Lembaga (Satker K/L) yang dimulai pada tanggal 1 s.d. 4 November 2021.

Lanjutan pelaksanaan End User Training (EUT) SAKTI Tahun 2021 yang dilaksanakan di Aula KPPN Sumbawa Besar ini diikuti oleh 49 satuan kerja non pilotingmitra kerja KPPN Sumbawa Besarlingkup Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat yang dibagi dalam 2 batch.

Berbeda dengan End User Training (EUT) SAKTI yang dilaksanakan sebelumnya, kegiatan lanjutan ini diselenggarakan secara luring atau tatap muka. Hal ini tentunya dengan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 seperti tetap menggunakan masker selama kegiatan berlangsung, menggunakan hand sanitizer yang telah disediakan panitia dan menjaga jarak aman antar peserta.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala KPPN Sumbawa Besar, Adib Adli dan diisi oleh para Trainer yang sebelumnya telah mengikuti Training of Trainer dari Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perbendaharaanyang terdiri dari Pejabat Fungsional Pembina Teknis Perbendaharaan Negara dan Pelaksana lainnya pada KPPN Sumbawa Besar.

Sebagai persiapan menghadapi pelaksanaan roll out SAKTI yang ditandai denganpembuatan SPM Gaji Induk/Gaji PPPK/Penghasilan PPNPN bulan Januari Tahun2022 melalui SAKTI, penyelenggaraan pelatihan pada EUT SAKTI lanjutan ini dikhususkanuntuk transaksi kelompok modul pelaksanaan (Modul Komitmen, ModulPembayaran, dan Modul Bendahara).

Adapun materi pelatihan yang disampaikan oleh para Trainer kepada para peserta meliputi:

1) transaksi pembayaran gaji induk yang dihasilkan dari Aplikasi GPP (Aplikasi Gaji Satker);

2) siklus transaksi Uang Persediaan (UP) dan Ganti Uang Persediaan (GUP);

3) transaksi kontraktual;

4) transaksi non kontraktual.

Guna memastikan efektifitas kegiatan EUT ini, maka pelatihan dilaksanakan dengan metode kombinasi teori dan praktek/simulasi. Beberapa simulasi yang dilakukan oleh para peserta antara lain adalah penginputan Supplier, pendaftaran/pencatatan kontrak, pencatatan BAST, sampai pada proses perekaman Surat Perintah Pembayaran (SPP) dan Surat Perintah Membayar (SPM) Gaji Induk dan pembayaran lainnya.

Para peserta End User Training (EUT) SAKTI lanjutan inisangat antusias mengikuti kegiatan ini. Hal ini tergambar dari tingkat kesiapan dan ketuntasan pelaksanaan EUT yang mencapai100 persen sampai dengan akhir kegiatan. Selain itu para Trainer senantiasa menyediakan sesi tanya jawab sehingga mengundang interaksi peserta untuk bertanya dan berdiskusi.

Diharapkan pelaksanaan EUT SAKTI lanjutan ini dapat memberikan pemahaman yang lebih terkait SAKTI dan juga mempersiapkan satuan kerja dalam implementasi secara penuh (roll out) SAKTI nantinya. (*)

003

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

ISSI Sumbawa Sukses Gelar Porkab Sepeda

Sen Nov 8 , 2021
Sumbawa Besar, tribun-sumbawa.com – Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kabupaten Sumbawa sukses menggelar seleksi Porkab Sepeda tahun 2021, pada Minggu (7/11). Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan launching Wilikah Bikepark yang berlokasi di Desa Serading Kecamatan Moyo Hilir. Dalam sambutannya, Ketua KONI Sumbawa – Syamsul Fikri meminta pengurus ISS untuk dapat menyumbang […]