Ketua PWI Sumbawa Berikan Pelatihan Jurnalistik SMAN 1 Alas

ALAS, TRIBUN

Ketua PWI Perwakilan Sumbawa Jamhur Husain minggu ( 10/12 ) lalu disambut antusias para siswa SMAN 1 Alas dalam kegiatan pelatihan Jurnalistik yang digelar sekolah tersebut.

Kegiatan tersebut sebagai program kerja rutinitas sekolah dalam membangun ide kreatif dan inovatif siswa yang tergabung dalam anggota Jurnalistik FAJAR ( kelompok jurnalistik siswa red ).

Pelatihan tersebut dihadiri, Wakasek Peningkatan mutu Abdul Malik.S,pd. M,Pd bersama Wakasek Sarana M.Amin.S.Pd dan beberapa guru lainnya.

Ketua PWI Perwakialan Kabupaten Sumbawa Jamhur Husain, pada kesempatan tersebut menjelaskan, bahwa pentingnya kita melakukan pelatihan dasar jurnalistik sebagai upaya dalam membangun ide kreatif siswa yang tergabung dalam kelompok jurnalis siswa, namun perlu diketahui bahwa ada beberapa hal yang harus dipelajari dalam penulisan sesuai aturan yang berlaku jangan sampai ide – ide yang tertuang dalam tulisan yang kita buat sebagai berita itu dianggap tidak benar sehingga perlu memiliki lima unsur dari penulisan tersebut yaitu 5w + 1H

Kegiatan pelatihan jurnalistik tingkat siswa cukup bagus, kata Jumhur Husain Ketua PWI yang juga pemilik Tribun Sumbawa ini , mengingat ide dan kreatifitas siswa dalam berkarya terlihat dari kecakapan pada seasen tanya jawab ini cukup menarik, sehingga mengajak bagi siswa yang ingin mengirimkan puasi atau berita tentang sekolah silakan layangkan ke redaksi Tribun Sumbawa kepada kelompok jurnalis FAJAR SMAN 1 Alas.

Sementara itu, Wakasek peningkatan Mutu Abdul Malik. S, Pd. M,Pd. juga menjelaskan dengan adanya kegiatan pelatihan dasar jurnalistik bagi siswa SMAN 1 Alas tidak lain untuk mendalami ilmu jurnalistik dalam mengelolah data informasi, sehingga siswa yang tergabung dalam jurnalis FAJAR sekolah dapat memiliki ilmu dasar dalam membuat berbagai macam berita sesuai fakta yang akurat.

Disamping memiliki bekal ilmu yang diberikan oleh katua PWI Sumbawa tentang bagaimana menyiasati informasi atau berita yang faktual sesuai data sebenarnya baik dari luar maupun dari sekolah sehingga mereka bisa kumpulkan dan diangkat melalui majalah sekolah pinta Abdul Malik ketika mereka memiliki bekal dalam menulis.

Melalui pelatihan dasar jurnalistik bagi siswa tentunya dapat menyajikan berita – berita yang menarik baik dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah karena mereka sudah memiliki ilmu dasar jurnalistik.

Peran jurnalis itu sangat penting sebab tampa jurnalis segala informasi tentang pendidikan, tentang kesehatan, ekonomi , politik dan sebagainya bisa kita ketahui, dan pelatihan ini sebagai kegiatan tahunan sekolah setiap adanya pergantian pengurus baru untuk mengelolah informasi jurnalistik FAJAR sekolah, secara kebetulan kegiatan ini dipimpin langsung ketua PWI Sumbawa sebagai nara sumber yang didampingi Wartawan Tribun Sumbawa,

‘’ Mudah – mudahan bekal yang diberikan oleh nara sumber tersebut berdampak sehingga jurnalistik FAJAR tetap maju dan berkembang sesuai kondisi Zaman sekarang ini ,’’ ucapnya singkat ( Ts/ H )

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Desa Rhee Loka Juara PHBS Tingkat Provinsi NTB

Sel Des 12 , 2017
SUMBAWABESAR,TRIBUN Desa Rhee Loka Kecamatan Rhee yang mewakili Kabupaten Sumbawa pada Lomba Perikau Hidup Sehat dan Bersih (PHBS) berhasil menisihkan 9 Kabupaten/Kota se NTB, sehingga berhasil kelaur sebagai juara Provinsi dan selanjutnya akan mewakili NTB pada lomba tingkat nasional. Demikian dikatakan, Camat Rhee Hatono Belo.S.Sos kepada media ini baru – […]