Ketua DPRD Sumbawa Sosialisasikan Ranperda Inisiatif

Sumbawa Besar, TRIBUN 
DPRD Kabupaten Sumbawa melaksanakan sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif DPRD Sumbawa.  Kegiatan yang dilakukan oleh seluruh anggota dewan ini digelar selama dua hari, yaitu 8 dan 9 Juni 2021.
Dalam pelaksanaannya, dibagi dalam beberapa zona. Khusus Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa memimpin Sosialisasi Ranperda inisiatif tersebut ke wilayah daerah pemilihan (Dapil) IV. 
Sosialisasi dipusatkan di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Alas dan Kecamatan Rhee. Sosialisasi diikuti seluruh Anggota DPRD Sumbawa Dapil IV, serta dihadiri Kadis Kesbangpoldagri Sumbawa, Kadis PMD Sumbawa, Camat setempat, dan steakholder terkait. Dalam kegiatannya tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19.
Dari 8 Ranperda inisiatif DPRD Sumbawa, untuk wilayah Dapil IV fokus terkait Ranperda tata cara Penyusunan Peraturan Perundang-Undangan di Desa dan Ranperda Balai Mediasi. 
Ketua DPRD Sumbawa – Abdul Rafiq kepada wartawan menyampaikan, sosialisasi ini penting dilakukan untuk menjamin keterlibatan masyarakat dalam penyusunan sebuah kebijakan. Sehingga kebijakan yang dihasilkan nantinya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan tepat sasaran.

“Masukan dari bapak ibu, akan menjadi dasar kami untuk menyempurnakan draf Ranperda ini. Sehingga nantinya begitu ini ditetapkan menjadi Perda, sasarannya betul-betul untuk kemaslahatan bersama,” ujar Rafiq yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Sumbawa ini. 
Adapun 8 Ranperda inisiatif DPRD dimaksud, yakni Ranperda tentang pengelolaan zakat, Ranperda penataan dan pemberdayaan pedagang kaki lima, Ranperda tentang Bale Mediasi, Ranperda tentang tata cara penyusunan peraturan perundangan undangan di desa, Ranperda tentang penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan, Ranperda tentang pembudayaan gemar membaca, Ranperda tentang sistem penanggulangan gawat darurat terpadu, Ranperda tentang menara telekomunikasi bersama. (TS/010)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

TVRI NTB Jalin Silaturahmi dan Wawancara Eksklusif Dengan Walikota Bima

Rab Jun 9 , 2021
Kota Bima, Tribun Sumbawa – Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (HML), Selasa malam (8/6/2021) sekira pukul 20.15 wita, menerima kunjungan Kepala Stasiun TVRI NTB dan rombongan, di kediaman Walikota Bima. Agenda kunjungan, yakni silaturrahim dalam rangka mempererat hubungan dan membangun sinergitas antara TVRI dengan Pemerintah Daerah, dengan harapan TVRI […]