Kelembagaan Ekonomi Masyarakat Desa Kian Diperkuat

Sumbawa Besar, tribun-sumbawa.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa menggelar Rapat Kordinasi Perkembangan Dana Bergulir Masyarakat Eks. PNMN-MPd dan Persiapan Transformasi Kelembagaan UPK menjadi Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesa Bersama/BUMDESMA) pada Rabu, (4/8) di Aula H. Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa. Salah satu tujuannya untuk memperkuat kelembagaan ekonomi yang ada ditengah masyarakat Desa.

Kepala Dinas PMD Sumbawa – Varian Bintoro dalam sambutannya mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui perkembanganpelaksanaan kegiatan dana bergulir masyarakat eks program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri perdesaan (DBM Eks-PNPM MPD) di 12 Kecamatan. Selain itu untuk mensosialisasi persiapan transformasi kelembagaan UPK menjadi BUMDesa Bersama (BUMDESMA).

Dilanjutkan, berdasarkan hasil laporan perkembangan dana bergulir masyarakat Eks Wilayah PNPM-MPD oleh UPK dan BKAD dan pemantauan diperoleh data bahwa total jumlah dana bergulir masyarakat yang berada di 12 kecamatan tersebut senilai Rp 30,810 miliar, lainnya senilai Rp 6,613 miliar, sehingga total jumlah aset sekitar Rp 37,423 miliar. ‘’Adapun peserta dalam kegiatan tersebut yakni Camat Eks Wilayah PNPM-MPD yakni Kecamatan Labuhan Badas, Utan, Alas Barat, Lopok, Lape, Plampang, Labangka, Empang, Lantung, Orong Telu, Lenangguar dan Lunyuk,’’ ungkapnya.

Sementara Wakil Bupati Sumbawa – Dewi Noviany sangat mengapresiasi terselenggaranya rakor ini. Karena merupakan upaya bersama dalam penguatan kelembagaan ekonomi masyarakat perdesaan, khususnya unit pengelola kegiatan (UPK) dana bergulir masyarakat Eks PNPM-MPP dan badan kerjasama antar desa. ‘’Keberhasilan penyelenggara pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Sumbawa tidak terlepas dari peran dan fungsi lembaga perekonomian masyarakat desa sebagai motor penggerak perekonomian desa,’’ tandasnya.

Untuk itu, melalui kegiatan rakor ini Wabup berharap kepada perangkat daerah terkait untuk melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap proses transformasi kegiatan dana bergulir masyarakat Eks PNPM-MPD, perkembangan dan keberadaan aset dana bergulir masyarakat dan aset lainnya. Wabup juga berharap agar kegiatan ini tepat sasaran dan benar diperuntukkan untuk masyarkat, sehingga dapat tersalurkan bagi masyarakat yang membutuhkan. (TS/002)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hendak Kabur saat Ditangkap, DPO Kasus Narkoba Ditembak Oleh Sat Narkoba Polres Bima Kota

Rab Agu 4 , 2021
Kota Bima, Tribun Sumbawa – Tim Opsnal Sat Resnarkoba Polres Bima Kota, terpaksa melumpuhkan seorang residivis yang berusaha kabur saat ditangkap karena kedapatan mengedarkan barang haram narkoba jenis sabu-sabu. Dua tembakan terukur di tangan dan kaki, setelah 3 kali tembakan peringatan di udara, terpaksa dilakukan Tim Opsnal pada residivis kasus […]