Kebakaran Koperasi ‘Taruna Bahari’ di Kampung Sumbawa Diduga Akibat Arus Pendek Listrik

Kota Bima, Tribun-sumbawa.com – Si jago merah kembali beraksi. Kali ini api melalap satu buah Koperasi LEPP-M3 yang bernama “Taruna Bahari” di wilayah Kampung Sumbawa Kelurahan Tanjung Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima, Sabtu (22/08 sekitar pikul 15.10 Wita. Untuk sementara, penyebab kebakaran diduga akibat arus pendek listrik.

Pantauan dari awak media yang secara langsung berada dilokasi, bahwa kobaran api saat itu akan merambat ke rumah warga yang lain. Namun Tim dari Pemadam Kebakaran cepat berada dilokasi,serta dibantu oleh warga api pun berhasil dipadamkan. Diduga kuat bahwa awal dari percikan api tersebut berasal dari Arus pendek listrik, yang menjadi penyebab kebakaran lantai dua gedung koperasi yang tidak pernah aktif.

“Dugaan sementara api berasal dari arus pendek,Serta ada dua unit kendaraan Damkar saat itu yang berada dilokasi.Sekitar 30 menit api sudah bisa dipadamkan serta tahap pendinginan,” ungkap salah satu warga saat berada dilokasi.

Dua unit mobil pemadam kebakaran dari Kota Bima yang dikerahkan untuk menjinakkan api yang mulai menjalar pada pukul 15.10 wita.Beruntung tak ada korban jiwa dalam kebakaran ini,tapi untuk kerugian diperkirakan sekitar 100 juta.

Barang-barang yang tersimpan di dalam koperasi yang berdiri sejak tahun 2008 ini juga berhasil diselamatkan. Namun, bangunan di lantai dua yaitu atap dan tembok telah hangus dilahap api. “Untungnya barang-barang keburu dipindahin kebawah semuanya dan tidak ada barang yang tersisa,” tuturnya.

Kebakaran koperasi ini merupakan peristiwa kebakaran pertama yang terjadi di Kampung Sumbawa Kelurahan Tanjung Kota Bima,dimana sekarang sering terjadinya kebakaran yang menghanguskan rumah warga yang berada di Kabupaten Bima waktu lalu. “Ini kasus kebakaran pertama yang terjadi lagi di Kampung Sumbawa Kelurahan Tanjung setelah terjadi kebakaran di bagian Kabupaten Bima waktu itu,” jelasnya. (Ts/IM)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Perusda Samawa bersama Pemprov dan Perbankan Teken Mou TDC Desa

Ming Agu 23 , 2020
Sumbawa Besar, Tribun-Sumbawa.com – Perusda Sumbawa mendapat kepercayaan satu satunya BUMD di pulau Sumbawa menjadi bagian dari langkah pertama pembangunan TDC Desa se- Pulau Sumbawa. Program ini bisa menjadi langkah lanjutan dari penandatangannya MoU Perusda Sabalong Samawa dengan BUMDes se- Kabupaten dalam Pengembangan dan Penguatan Usaha bersama pada 8 Juli […]