Jawab Persoalan Masyarakat, Bappelitbang Gelar Musrenbang

SUMBAWA BESAR, TRIBUN

Untuk menghasilkan produk perencanaan yang berkualitas sebagai syarat mutlak keberhasilan pelaksanaan pembangunan daerah, Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kabupaten Sumbawa menggelar Musrenbang RKPD 2019 di Aula H. Madilaoe ADT Lanatai 3 Kantor Bupati Sumbawa, Rabu (28/3).

Musrenbang RKPD 2019 merupakan rangkaian panjang proses musrenbang yang telah berlangsung dari tingkat desa, kecamatan hingga tingkat kabupaten, sebagai salah satu bentuk tanggung jawab Pemerintah Daerah terkait pelibatan stakeholder dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2019. Musrenbang tersebut mengangkat tema “Pemerataan Pembangunan, Pengembangan Investasi Produk Unggulan serta Penguatan Sistem Inovasi Daerah Menuju Sumbawa Hebat Bermartabat”.

Bupati Sumbawa dalam sambutannya yang disampaikan Sekda Sumbawa Drs. H. Rasyidi menyatakan, proses pembangunan daerah tidak hanya menjawab persoalan-persoalan riil yang dihadapi masyarakat. Namun juga menjawab permasalahan yang dihadapi dalam konteks Provinsi dan Nasional. Diharapkan terjadi sinergi dalam pembangunan daerah yang telah dimulai dari proses penyusunan rencana, yang dijabarkan dari RPJMD Kabupaten Sumbawa 2016-2021, kemudian dapat diselaraskan dengan tema pembangunan Provinsi dan Nasional.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Dr. Drs. A Rahman Alamudy, SH.,M.Si memaparkan pokok-pokok pikiran DPRD Kabupaten Sumbawa terhadap RKPD Tahun 2019 yang terakumulasi dari berbagai sumber. Diantaranya dari tuntutan, harapan, dan kepentingan rakyat yang disampaikan melalui hasil reses yang dilakukan oleh Pimpinan dan Anggota DPRD serta aspirasi yang berkembang di tingkat Komisi-Komisi Dewan sebagai representasi dari tugas dan fungsi DPRD sebagai lembaga legislasi, anggaran, dan lembaga kontrol yang mengawasi jalannya Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Sebelumnya Kepala Bappelitbang Ir. H. Iskandar, M.Ec.Dev melaporkan jumlah peserta sebanyak 250 orang yang terdiri dari delegasi kecamatan, toga, toma, budayawan, dan unsur-unsur Perguruan Tinggi. Kegiatan Musrenbang dibagi menjadi 3 sesi, yaitu sesi pemaparan yang akan diisi oleh pemaparan dari Kemendagri, Bappenas, Bappeda Provinsi NTB, penyampaian peran Bank Sampah Induk Sumbawa techno park dalam gerakan samawa bersih sampah. Selain itu pemaparan best practice dari Camat Moyo Utara, atas keberhasilannya mewujudkan penyelesaian target dari APBDes tepat waktu, yang diharapkan dapat menjadi energi positif bagi setiap orang yang peduli pembangunan di desa. Juga pemaparan bidang-bidang teknis tentang tindak lanjut dari pra musrenbang, dan dilanjutkan dalam sesi tanya jawab dan diskusi, sehingga output dari Ranperda 2019 selaras dengan Musrenbang kecamatan. (TS/002)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sekda Ungkap Lima Prioritas Pembangunan Daerah

Rab Mar 28 , 2018
SUMBAWA BESAR, TRIBUN Sekda Sumbawa Drs. H. Rasyidi dalam kegiatan Musrenbang RKPD 2019 di Aula H. Madilaoe ADT Lanatai 3 Kantor Bupati Sumbawa, Rabu (28/3) mebeberkan lima fokus prioritas pembangunan daerah dari tema pembangunan tahun 2019, “Pemerataan Pembangunan, Pengembangan Investasi Produk Unggulan serta Penguatan Sistem Inovasi Daerah Menuju Sumbawa Hebat […]