IDI Sumbawa Beri Pengobatan dan Khitanan Gratis di Pulau Moyo

Sumbawa Besar, tribun-sumbawa.com – Masyarakat yang berada di Pulau Moyo Kecamatan Labuhan Badas begitu antusias menghadiri pengobatan dan khitanan  gratis. Kegiatan ini digelar oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Sumbawa pada 11 dan 12 Juni lalu, dilakukan dalam memperingati Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) ke 114 tahun 2022.

Ketua Panitia Pelaksana – dr. Rachmat Ansyori Sp.PK kepada media ini mengataakan, bakti sosial dilaksanakan di dua lokasi, yakni di Desa Sebotok dan Desa Labuhan Aji. “Selain Hari Bakti Dokter Indonesia, kegiatan ini juga untuk mengeratkan hubungan aggota IDI Sumbawa,” kata dokter muda yang bertugas di RSMA Pulau Sumbawa, Senin (20/6) di Sekretariat IDI Sumbawa, lingkungan eks DPRD Sumbawa.

Untuk kegiatan di Desa Sebotok, ungkap dokter Ansyori, pelaksanaannya digelar pada Sabtu (11/6). Bersama masyarakat setempat, rombongan pengurus IDI Sumbawa yang dipimpin Ketua – dr. Mega Harta, MPH, melakukan jalan santai sekaligus mengenalkan Puskesmas Sebotok yang belum lama ini sudah mulai beroperasi. Selanjutnya dilakukan penanaman pohon di lokasi setempat, agar lingkungan puskesmas menjadi asri. “Ada 25 pohon yang kami tanam bersama masyarakat di lokasi puskesmas,” terangnya.

Lebih jauh diungkapkan, masyarakat Desa Sebotok juga mendapatkan pengobatan gratis yang dilakukan oleh beberapa dokter spesialis dan dokter umum dari IDI Sumbawa. Masyarakat setempat sangat antusias untuk datang memeriksakan kesehatannya. Hal itu terbukti dengan jumlah masyarakat yang datang berkunjung mencapai 200 orang lebih. “Kita mendekatkan pelayanan dokter spesialis ke masyarakat Pulau Moyo. Karena selama ini mereka hanya mendapat pelayanan dokter umum di puskesmas,” tuturnya.

Hari selanjutnya, Minggu (12/6) para pengurus IDI Sumbawa melanjutkan kegiatan bakti sosialnya di Desa Labuhan Aji. Disini, para dokter melakukan khitanan massal terhadap 24 anak, yang dipimpin oleh Dokter Spesialis Bedah – dr. G Iwan Budiman Bomba Sp.B. Kegiatan ini bekerjasama dengan pihak BSMI. Selain itu, dilakukan pula pengobatan gratis bagi warga setempat. “Pengobatan gratis di Labuhan Aji ada sekitar 100 masyarakat yang datang memeriksakan dirinya. Termasuk ada pasien jiwa sebanyak 5 orang, yang kita datangi langsung ke rumahnya,” tukasnya.

Diungkapkan, selain oleh dokter umum, pengobatan gratis ini dilakukan juga oleh dokter spesialis, seperti dokter spesialis mata – dr. Eka Bayu Warnerin, SpM. Dokter spesialis jiwa – dr.  Komang Triana Arya Sp.Kj dan dr. I.Y Jakson Bomba Sp.Kj. Selanjutnya dokter spesialis ortopedi – dr. Johanes Peter Sitanggang Sp.Ot. “Totalnya ada 35 dokter yang ikut dalam bakti sosial tersebut,” ungkap dokter Ansyori.

Dalam kegiatan itu, pihaknya mendapat dukungan obat-obatan dari Dinas Kesehatan Sumbawa dan juga pihak terkait lainnya. Termasuk dilakukan pembagian 50 kacamata gratis kepada masyarakat setempat, dan ini merupakan support dari Sinas Optik dan ARCI Sumbawa Chapter. “Sejauh ini IDI Sumbawa intens menggelar bakti sosial kepada masyarakat. Ini kegiatan rutin. Yang tiap tahun itu paling dalam rangka HBDI. Dan kegiatan seperti ini akan selalu kita gelar,” pungkasnya. (TS)

002

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

IDI Sumbawa Gelar Khitanandan Pengobatan Gratis di Pulau Moyo

Sen Jun 20 , 2022
Sumbawa Besar, tribun-sumbawa.comMasyarakat yang berada di Pulau Moyo Kecamatan Labuhan Badas begitu antusias menghadiri kegiatan khitanan dan pengobatan gratis, yang digelar oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Sumbawa. Kegiatan yang terlaksana pada 11 dan 12 Juni lalu, dilakukan dalam memperingati Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) ke 114 tahun 2022. Demikian […]