Hari Ini Seluruh SD dan SMP Laksanakan Tatap Muka Uji Coba

Sumbawa Besar, Tribun-sumbawa.com – Sejak Kamis (22/10), seluruh SD dan SMP di Kabupaten Sumbawa telah melaksanakan Kegiatan Belajar-Mengajar dengan system tatap muka. Pelaksanaan kegiatan tersebut, merupakan uji coba selama selama masa pandemi, dan disesuaikan dengan kemampuan atau ketersediaan sumber daya di sekolah masing-masing.

“Seluruh KBM walaupun keadaan terbatas, kita ujicoba di semua sekolah. Ya baik SD maupun SMP, kecuali PAUD. Jadi seluruh sekolah didua jenjang sudah kita lakukan uji coba secara menyeluruh,” kata Sahril, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, di ruang kerjanya Kamis (22/10).

Diungkapkan, uji coba untuk jenjang SD dan SMP telah dilakukan secara bertahap sejak beberapa minggu lalu. Dan penerapan system tatap muka di seluruh sekolah di dua jenjang tersebut, mengindikasikan seluruh sekolah telah memenuhi persyaratan untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Kalau satu dua minggu lalu, masih terbatas secara bertahap, tetapi sejak hari kamis (22/10) ini, seluruh jenjang sudah melaksanakan. Kita berharap sekolah-sekolah yang melaksanakan uji coba ini, untuk disiplin, patuh, taat terhadap protokol kesehatan. Saya percaya teman-teman di lapangan, guru, kepala sekolah, dan steakholder lain, akan selalu mendukung proses belajar mengajar secara new normal. Karena bagaimanapun sekarang ini, itulah yang dinantikan oleh masayrakat kita, oleh para orang tua, wali murid. Dengan diberlakukannya tatap mukan, itu indikasi bahwa sekolah telah memenuhi syarat untuk penerapan protokol di sekolah,” jelasnya.

Dijelaskan, penerapan tatap muka, juga mempertimbangkan perkembangan pandemi covid-19 di Kabupaten Sumbawa yang semakin membaik. Selain itu, masyarakat juga telah mulai memahami dan mengerti tentang covid-19, tanpa panik berlebih.

“Boleh dikatakan Dikbud berani. Kami juga melihat trend penyebaran covid di sumbawa sedang menuju ke titik nol. Kemudian pada sisi yang lain, psikologis terhadap pandemic sudah jauh lebih menurun, dan masyarakat sudah faham. Dengan demikian, ini kondisi-kondisi yang memungkinkan kita untuk berani mengambil kebijakan tatap muka,” katanya.

Disebutkan, metodologi dan strategi tatap muka disesuaikan dengan kemampuan masing-masing sekolah, tergantung ketersediaan sumber daya. “Strategi dan metodologi tatap muka di sekolah tergntung sekolah, sesuai kondisi situasi dan sumberdaya yang tersedia disekolh. Kita dinas tidak menetukan secara sepihak strategi dan metodologi pembelajarannya. Tetapi sekolahlah yang menetukan sesuai dengan sumber daya yang ada,” jelasnya.

Ditegaskan, dengan system uji coba, maka Dikbud Kabupaten Sumbawa satu sekolah dapat menghentikan kegiatan tatap mukan di satu sekolah sewaktu-waktu. “Jam belajar itu, bervariasi. Namanya juga uji coba. Itu bagaimana penerapan protokol kesehatan ini, bisa memperlancar proses belajar, penbiasaan, pembudayaan protkol kesehatan itu dapat menunjang kelancaran proses belajar mengaja. Ini kita laksanakan selama pandemic. Jadi besok bisa saja ada sekolah yang kita tutup. Jadi bisa saja berlangsung secara bertahap,” katanya.

Ia menambahkan, nantinya pada saat pandemic covid-19 hilang, maka diharapkan sekolah dapat tetap menerapkan protokol kesehatan tanpa merasa terganggu. Sehingga akan tercapai keseimbangan antara proktol kesehatan dengan kegiatan tatap muka.

“Begitu pandemic hilang, maka tentu kebiasaan menerapkan protokol kesehatan itu terus berlangsung, dan proses berlajar-mengajar kembali pada roh yang sebenarnya, tapi tidak mengganggu penggunaan masker dan lainnya. itulah titik keseimbangan yang akan kita capai,” sebutnya. (Ts/011)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Langgar Protokol Covid, Satpam Bank di Pekat di Hukum Push Up

Kam Okt 22 , 2020
DOMPU,TRIBUNKegiatan hunting pelanggar Covid-19 oleh Kepolisian Sektor Pekat menyisir jalan umum,pasar,pertokoan dan perkantoran, Kamis (22/10/2020). Sejumlah pelanggar terjaring dan diberikan hukuman sosial dan push up.Kegiatan hunting pelanggar Covid-19 dipimpin langsung Kapolsek Pekat Ipda Muh.Sofian Hidayat S.Sos bersama enam anggota Polsek Pekat.Menariknya,saat kegiatan hunting pelanggar covid-19 di salah satu kantor Bank, […]