Gontar Baru Dinobatkan Sebagai Pusat Studi Program Kartu Prakerja

Alas Barat, tribun-sumbawa.com – Desa Gontar Baru Kecamatan Alas Barat mendapatkan kepercayaan sebagai pusat studi peningkatan kopetensi SDM melalui program Kartu Prakerja dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Kegiatan itu dipandukan langsung oleh nara sumber dari tim CO Jakarta Pusat yang bernama ”Kita Kompeten” tentang tata cara proses pendaftaran atau mendaftarkan diri melalui link resmi yang telah tersedia melalui Website Kementerian dari beberapa gelombang pendaftaran yang dibuka.

Kegiatan tersebut dihadiri seluruh Kepala Desa, Sekdes, karang taruna se-wilayah Zona Barat Sumbawa meliputi Kecamatan Rhee, Utan, Buer, Alas dan Alas Barat. Kegiatan ini dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, dibuka secara langsung oleh Camat Alas Barat, Sulaiman S.Sos. di Aula lantai II kantor Desa Gontar Baru, Rabu (17/11).

Camat Alas Barat, Sulaiman S.Sos. dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan ini hasil komunikasi atau lobi – lobi Kades Gantor Baru ke tingkat Kementerian, sehingga kegiatan sosialisasi tentang peningkatan kopetensi SDM melalui Program Kartu Prakerja (Modal Usaha, red) terlaksana di Pulau Sumbawa, khususnya di Desa Gontar Baru Kabupaten Sumbawa, setelah sebelumnya dilaksanakan di Pulau Jawa, Bali dan lainnya.

Camat Alas Barat juga menyampaikan ucapan selamat datang kepada tim Prakerja ‘Kita Kompeten” dari Jakarta. Pihaknya mengaku sangat bersyukur atas kedatangan rombongan dalam membawa program Pemerintah. ‘’Seperti kita ketahui bahwa tahun 2020 bahwa program kartu prakerja ini sudah berjalan namun masih ada ketimpangan alias tidak nyambung antara penerima mamfaat dengan perangkat yang maksud. Oleh karena itu, tim dari Jakarta akan memberikan sosialisasi tentang tata cara pengoprasian kartu prakerja sehingga dapat terkoniktivitas sesuai petunjuknya,’’ terangnya.

Atas nama Pemerintah Kecamatan Alas Barat, pihaknya sangat berterimakasih kepada tim Prakerja Jakarta , untuk memberikan penjelasan secara paripurna kepada kepala desa, Sekdes dan karang taruna wilayah Zona Barat Sumbawa. Sehingga nantinya menjadi cikal bakal untuk mendorong munculnya wirausaha kecil menengah sesuai program dari Pemerintah Kabupaten dan Provinsi yang menciptakan wirausaha baru, dengan modal Kartu Prakerja diharapkan akan tumbuh dan berkembang usaha – usaha baru, apa lagi stuasi pendemi ini pemerintah masih hadir mendampingi masyarakat semua. ‘’Kita juga jangan menjadi orang yang pesimis yang selalu meminta, paling tidak kita tetap berusaha dan berikhtiar dan tidak ketergantungan dengan bantuan – bantuan. Mari kita berusaha dan beriktiar,” pintanya.

Sementara Kepala Desa Gontar Baru – Ustad Arifin S.sos. menyampaikan selamat datang kepada tim prakerja pusat ke Desa Gontar Baru. Dijelaskan kondisi umum Desa Gontar Baru, yang menurutnya sampai sekarang sedang berjuang dan berikhtiar supaya kedepan Desa Gontar Baru sedikit ada perubahan.

Dalam kesempatan tersebut Ustad. Arifin yang  juga Direktur dan Pendiri  Pompes Tafiz Qur’an Rahmatan Lilalamin Desa Gontar mengucapkan terima kasih kepada Camat Alas Barat dan seluruh Kepala Desa, Sekdes dan karang taruna yang sempat hadir dalam kegiatan sosialisasi ini. Sebelum itu, dirinya menceritakan sekilas perjalanan sebelum Ia berangkat ke Turki dan menyempatkan diri bersillaturrahim dengan pihak Pemerintah Pusat, sehingga diketahui banyaknya program pusat, dan pihaknya tertarik dengan Program Prakerja yang kini telah di canangkan Pemerintah. ’’Alhamdulillah berkat bersilaturrahim dengan teman – teman di Jakarta,  mereka langsung respek dan turun ke NTB termasuk Sumbawa  guna memberikan sosialisasi sekaligus  menyampaikan bahwa jatah Kartu Prakerja untuk wilayah NTB maupun Kabupaten Sumbawa cukup besar,’’ tuturnya.

Dengan Hadirnya tim Co Prakerja dari Jakarta, diharapkan sebagai wasilah (Perantara, red) bagi Pemerintah Desa Gontar Baru mewakili Kepala Desa se – Zona Barat. mengingat selama ini masyarakat yang belum mendapatkan modal usaha melalui kartu Prakerja, kini semuanya akan di data secara bersama. ‘’Alhamdulillah sudah banyak yang dilakukan, tentu semuanya tidak lepas atas dorongan kerjasama dari beberapa sahabat baik dalam Negeri maupun luar Negeri, di antaranya Negara  Singapura, Malaysia dan Brunai Darussalam yang mensuport semua kegiatan  yang kami lakukan  sampai saat ini,  termasuk dari Dompet Amal Sejahtera Ibnu Habaz. Mudah – mudahan kehadiran teman – teman para Kepala Desa se – Zona Barat Sumbawa dapat berkolaborasi dengan sahabat dari luar daerah  yang tidak lain untuk membangun Desa kita,’’ pungkasnya. (TS/H)

002

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tim ‘Kita Kompeten’ Gelar Sosialisasi Kartu Prakerja di Gontar Baru

Rab Nov 17 , 2021
Alas Barat, tribun-sumbawa.com – Tim “Kita Kompeten dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rabu (17 /11) menggelar Sosialisasi tentang Peningkatan Kompetensi SDM melalui program kartu Prakerja yang bertajuk Gali Potensi dirimu dengan Kartu Prakerja. Kegiatan tersebut  dihadiri para kepala desa dan sekdes dari lima kecamatan wilayah zona barat Sumbawa yang bertempat […]