FIAN Sumbawa Ikuti Rakor Virtual P4GN Bersama BNN

Sumbawa Besar, Tribun – DPD Forum Indonesia Anti Narkoba (FIAN) Sumbawa turut hadir dalam rapat koordinasi (Rakor) virtual se Indonesia bersama Badan Narkotika Nasional (BNN), pada Selasa (25/5). Rakor yang diikuti juga oleh BNNK Sumbawa dan LSM anti narkoba di seluruh negeri ini membahas optimalisasi peran serta masyarakat dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Dari kegiatan ini juga diharapkan BNN di seluruh daerah dan juga LSM anti narkoba termasuk FIAN dan organisasi lainnya, agar dapat bersinergi dalam menjalankan semua program. Terutama dalam hal memerangi bahaya narkoba.

Ketua DPD FIAN Sumbawa – H Kusmanto S.Kep., Ners., MM.Inov

Menurut Ketua DPD FIAN Sumbawa – H Kusmanto S.Kep., Ners., MM.Inov, maraknya penyalahgunaan narkoba tentu erat kaitannya dengan supply dan demand. Dimana supply tinggi, artinya ada permintaan meningkat. ‘’Karena itu, agar penyalahgunaan narkoba tidak terus meningkat kita harus berusaha untuk menekan permintaannya,’’ tegas Haji Anto – sapaan akrabnya. 

Pemuda yang low profile ini juga memandang penting keterlibatan komponen bangsa dan negara, dalam penanganan masalah narkotika yang terjadi. Hal ini tentunya untuk menekan angka penyalahguna narkoba yang ada.

Dampak buruk penggunaan narkoba ini juga sudah menyentuh hampir ke seluruh masyarakat di semua golongan. Bahkan narkoba ini dinilai perkembangannya sudah merambah ke segala tempat, dan parahnya lagi telah sampai di sekolah – sekolah baik SD, SMP, SMA dan juga di Perguruan Tinggi. Kalau kondisi ini berlanjut akibatnya adalah menurunnya kualitas generasi muda yang berarti akan mengurangi asset bangsa.

Lebih jauh dijelaskan, dari rakor virtual tersebut diketahui BNN Pusat menekan agar BNN di daerah, LSM anti narkoba, termasuk FIAN dan organisasi lainnya untuk dapat saling mendukung dalam pencegahan narkoba. LSM juga diharapkan dapat ikut terlibat dalam kegiatan HANI 2021. Serta “War On Drugs” adalah program yang dicanangkan oleh Kepala BNN dengna memfokuskan pada 3 aspek, yaitu pencegahan, pemberantasan dan rehabilitasi. (TS/002)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ambil Paket di JNE Yang Berisi Ganja Kering, Pria Asal Langgudu Bima Dibekuk Polisi

Rab Mei 26 , 2021
Kota Bima, Tribun Sumbawa – Tim Opsnal Satuan Resnarkoba Polres Bima Kota berhasil menangkap RM (36), warga asal Desa Dumu Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima. Selasa, (25/5/2021). Penangkapan yang dipimpin Kasat Narkoba Polres Bima Kota IPTU Ramli berawal dari informasi bahwa di kantor JNE Bima, ada sebuah paket yang di diduga […]