Dukung Program 3R dan Bentuk Peduli Lingkungan, PLTD Labuhan Bagikan 10 Pasang Tempat Sampah

SUMBAWA BESAR, TRIBUN

PLTD Labuhan PT. PLN Area Sumbawa memberikan bantuan tempat sampah kepada masyarakat di sepanjang Pantai Jempol Desa Labuan Sumbawa Rabu (1/3) kemarin berlangsung di Aula Kantor Desa Labuhan Sumbawa. Hal ini dilaksanakan perusahaan, karena menyadari pentingnya tanggung jawab sosial terhadap masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Sebanyak 10 pasang tempat sampah yaitu untuk sampah organik dan sampah non organik itu, diserahkan oleh Manager PLTD Labuhan, Abdul Muqsith dan diterima langsung oleh Kepala Desa Labuhan, Baharuddin SH.

Dalam kegiatan tahap awal yang dilakukan ini, dihadiri pula oleh Kepala Bidang Pengelola Sampah dan Limbah Dinas Lingkungan Hidup, Ikhsan Imanuddin, SPV K3L PLN Area Sumbawa, David Saputra, dan Staf Lingkungan PLTD Labuhan, I Made Suantara, serta RT/RW setempat.

Pemberian tempat sampah ini sendiri merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) peduli lingkungan PLN Sumbawa yang bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup yang berkomitmen dalam bidang lingkungan dengan cara membangun pemanfaatan akan sampah yang dapat diolah kembali oleh masyarakat.

“Diharapkan melalui tempat sampah ini, kami dapat membantu program pemerintah untuk mengolah sampah dengan 3R (Reauce,Reduce,Recycle) serta turut ambil bagian dalam membangun nilai tambah dari sampah dan juga dalam menciptakan pemberdayaan masyarakat di bidang lingkung,” ujar Manager PTLD Labuhan Abdul Muqsith.

Dengan penyerahan bantuan ini diharapkan warga tidak lagi membuang sampah sembarangan sehingga proses pengevakuasian sampah menuju TPA menjadi lebih mudah sekaligus menciptakan kondisi lingkungan yang lebih bersih, lebih sehat dan jauh dari sumber penyakit.

SPV K3L PLN Area Sumbawa, David Saputra menambahkan bahwa PLTD Labuhan telah konsisten dalam menjalankan komitmennya untuk perduli terhadap lingkungan. Hal tersebut dibuktikan dengan 3 kalinya PLTD Labuhan mendapatkan piagam Proper Biru.

“Disini PLN Sumbawa sebagai unit diatasnya melakukan support semua kegiatan dan kebutuhan yang diperlukan untuk menunjang kegiatan Proper,” ucapnya.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa, Ikhsan Imanuddin,ST mengatakan dengan adanya bantuan yang diberikan oleh PLN Sumbawa berupa tempat sampah ini, merupakan suatu bentuk kepedulian yang harus diapresiasi dengan menjaga dan memanfaatkannya dengan semaksimal mungkin.

Dengan dua macam tempat sampah ini yaitu organik dan non organik, warga sekitar diharapkan mampu mensesuaikan pemilahan sampah. Hal tersebut bukan hanya untuk memudahkan jasa pengakut sampah saja, tetapi juga dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa sampah juga dapat dijadikan sebagai pencarihan tambahan atau sampah yang berekonomis.

Selain itu, Dinas Lingkungan Hidup yang mengarahkan PLN Sumbawa untuk menunjuk pantai jempol sebagai lokasi penempatan karena dinilai titik yang paling tepat. Penilaian ini mengingat kawasan pantai jempol yang kini sudah merambah sebagai kawasan wisata kuliner. Sehingga untuk mengantisipasi pembuangan sampah yang sembarang tempat dibutuhkanlah tempat sampah.

“Kami menunjuk pantai jempol karena sudah mulai berkembang sebagai daerah wisata kuliner. Kita bersama-sama harus dapat melestarikan lingkungan dan kita harus memanfatakan apa yang diberikan oleh pihak PLN ini. Jangan hanya jadi pajangan, kita harus terima dengan baik dan memanfaatkan dengan baik juga,” kata Ikhsan-akrabnya.

Sementara itu, Kepala Desa Labuhan Sumbawa  Baharuddin SH, menyampaikan terimakasih atas bantuan berupa tempat sampah yang diberikan oleh PLN Sumbawa khususnya PLTD Labuhan. Dan nantinya tempat sampah ini akan dibagi menjadi dua tempat yaitu dijalur arah Dusun Pasir dan dijalur arah Dusun kali baru.

“Kesepuluh pasang tempat sampah tersebut akan dibagi rata sesuai dengan kesepakatan RT/RW,” ujarnya. (Ts/010)

 

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Maret endatang, Nindya Praja IPDN Kampus NTB Praktek Lapangan di Sumbawa

Kam Mar 2 , 2017
SUMBAABESAR,TRIBUN IPDN Kampus NTB kembali melaksanakan salah satu tridharma perguruan tinggi yaitu praktek lapangan sebagai wahana implementasi pengembangan keilmuan di tengah masyarakat. Selain melaksanakan Praktek Lapangan di Atambua NTT, juga telah direncanakan pelaksanaan praktel lapangan di Kabupaten Sumbawa. Hal ini dikatakan, Drs. H. L. Gd. Murdani, M.Si Asisten Direktur (Asdir) […]