Disdukcapil Aktifkan Layanan Online Guna Hindari Kerumuman

Sumbawa Besar, Tribun-sumbawa.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumbawa, mengaktivkan layanan online untuk menghindari penumpukan orang di loket. Dengan layanan tersebut, masyarakat dapat dilayani  dan diterbitkan kartu kependudukan dengan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan.

“Kita sediakan layanan Online, lewat Whatsapp ke nomor 085338704123. Masyarakat bisa mengajukan disitu dengan melengkapi semua berkasnya. Kalau semua lengkap, kita kirim juga lewat online dengan format PDF. Nanti tinggal di print,” kata Jayakusuma, Kepala Disdukcapil, di ruang kerjanya Senin (01/02).

Ditegaskan, kebijakan tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut Surat Edaran Bupati Sumbawa dalam pembatasan kegiatan sosial kemasyarakatan, termasuk kegiatan pelayanan di OPD. “Pembatasan ini dibarengi dengan solusi, agar tetap masyarakat tetap terlayani optimal. Jadi masyarakat cukup di rumah saja mengirimkan bahannya, persyaratannya, tidak perlu datang berkerumum ke kantor. Kami juga bisa mengirimkan file PDF-nya. Berupa KK, pindah-datang, atau konsultasi. Kecuali cetak baru KTP, karena itu perlu dilakukan perekaman. KTP hilang, KTP rusak bisa lewat online,” ucapnya.

Selain itu, saat ini Disdukcapil menerima permohonan selama setengah hari kerja atau hingga pukul 12.00 wita. Pembatasan tersebut diberlakukan hingga waktu yang belum ditentukan, tergantung instruksi atau kondisi pandemic covid-19.

Ia berharap, masyarakat yang akan mengajukan permohonan pemberkasan ke Disdukcapil, agar tidak menggunakan perantara atau calo. “Kita berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. kami selalu berbenah untuk memberikan pelayanan cepat, tepat. Satu hari terima, gratis. Jadi kami himbau, jangan gunakan perantara apalagi calo. Semua pelayanan gratis, blanko tersedia. Jangan sampai dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu yang berdampak terhadap output pelayanan itu sendiri,” ujarnya. (Ts/011)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Vaksin Covid-19 Didistribusikan ke Kecamatan

Sen Feb 1 , 2021
Sumbawa Besar, Tribun-sumbawa.com – Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa, mendistribusikan vaksin covid-19 ke fasilitas kesehatan/Puskesmas di Kecamatan. Hal tersebut dilakukan sebagai persiapan vaksinasi terhadap tenaga kesehatan, setelah dilakukan pencanangan vaksinasi di Kantor Bupati Sumbawa, Selasa (02/02). “Kita lakukan distribusi vaksinnya Ke puskesmas. Dari hari minggu kemarin ke wilayah barat, hari […]