Disdukcapil Akan Lakukan Perekaman Jemput Bola

Sumbawa Besar, Tribun-sumbawa.com – Dalam waktu dekat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumbawa akan melakukan perekaman dengan system jemput bola. Untuk mengakomodir penduduk yang akan berusia 17 tahun, pada 9 Desember mendatang. Termasuk penduduk yang telah berusia 17 tahun namun belum memiliki adminstrasi kependudukan.

“Dalam waktu dekat kita akan turun juga jemput bola. Kami sedang menyusun rencana,” kata Jayakusuma, Kepala Disdukcapil Kabupaten Sumbawa, di ruang kerjanya Senin (03/08).

Dijelaskan, Disdukcapil juga telah berkoordinasi dengan KPU Kabupaten Sumbawa, terkait hasil Pencockan dan Penelitian (Coklit) yang dilakukan. Sehingga temuan-temuan selama coklit juga menjadi bahan dalam perekaman nantinya. Selain itu, koordinasi juga akan dilakukan dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, karena surat keterangan kematian dikeluarkan oleh desa.

“Memanfaatkan hasil koordinasi dengan KPU Kabupaten Sumbawa. hasil coklitnya kan ada yang sudah meninggal. Coklitnya memang belum selesai, Cuma kami kan sudah koordinasi awal dengan KPU. Kita sudah koordinasi dengan PMD juga. Nanti ditingkat desanya kan ada surat keterangan kematian. Karena dasar untuk merubah data, itu harus ada surat kematian dari desa,” ucapnya.

Ditegaskan, Disdukcapil tengah berupaya untuk membenahi data adminsitrasi kependudukan secara bertahap. Agar data adminstrasi kependudukan valid, dan dapat digunakan untuk kepentingan pemilu maupun lainnya, tapi banyak dilakukan verifikasi dan validasi.

“Kita kan coba bereskan sedikit demi sedikit agar hal ini tidak terjadi terus. Agar data-data yang sama tidak muncul setiap kali ada pemilu. Tidak muncul yang sudah meninggal. Pindah alamat Kan selalu mencul itu. Orang yang sudah pindah kan masih ada namanya, orang yang sudah meninggal juga masih ada nama. Sehingga nanti, data-datanya akan terhapus dari database,” ucapnya. (Ts/011)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pemilik Suket Minta Diganti ke KTP-El

Sen Agu 3 , 2020
Sumbawa Besar, Tribun-sumbawa.com – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sumbawa, Jayakusuma, meminta masyarakat Kabupaten Sumbawa yang saat ini masih memegang Surat Keterangan (Suket) yang menjadi bukti telah melakukan perekaman, agar mengganti dengan KTP-Elektronik. Sebab, saat ini masih tersedia sedikitnya 3 ribu blanko. “Kami harapkan kepada masayrakat yang masih […]