Dinas PRKP Sumbawa Adakan 72 Unit MCK Individu di 2021

Sumbawa Besar, TRIBUN

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kabupaten Sumbawa menyediakan 72 unit MCK (Mandi, Cuci, Kakus) Individu di tahun 2021.

Kepala Dinas PRKP Sumbawa melalui Kepala Bidang Perumahan dan Prasarana Sarana Utilitas Umum (P2SU) – Zubhan S.T menjelaskan, MCK Individu ini merupakan program Kabupaten. Sasarannya bagi masyarakat yang belum memiliki MCK.

“Pembangunan baru MCK bagi masyarakat yang belum memiliki MCK. Hajatnya masyarakat bisa memiliki jamban sendiri, dan memperbaiki kualitas Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM),” ujarnya kepada wartawan, Selasa (29/6).

Disebutkannya, anggaran yang disediakan untuk per satu unit MCK senilai Rp. 6.250.000 dari APBD. Dana ini diperuntukkan pembelian material, upah pekerja dan biaya administrasi kelengkapan proposal atau laporan nantinya.

“Ukuran bangunannya 1,5 X 2 meter dengan dinding bata, plaster bagian dalam, atap galvalum dan lantai keramik,” terangnya.

Dengan anggaran terbatas, masyarakat penerima juga dibolehkan mengembangkan bangunan MCK. Namun dengan menggunakan anggaran sendiri.

“Pekerjaannya swakelola seperti bedah rumah, masuk ke rekening masyarakat. Secara berkelompok,” tambahnya.

Untuk penerima bantuan MCK Individu, tersebar di sejumlah kecamatan. Saat ini, masih proses verifikasi.

“Sekarang dalam proses verifikasi terkait sasaran penerima. Ada pendampingan fasilitator. Kedepannya jika sudah memiliki MCK, akan dikembangkan kualitasnya,” pungkasnya. (TS/010)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Operasi Premanisme Gencar 42 Jukir Liar di Kota Bima, Sariman SH: Jukir di Kota Bima Harus Miliki Legalitas Yang Sah, Sebab Retribusi Parkir Bisa Menjadi Lokomotif Pembangunan Daerah Kalau Dikelola Dengan Baik dan Benar

Sel Jun 29 , 2021
Kota Bima, Tribun Sumbawa – Terkait diamankan 42 Tukang Parkir Liar di Kota Bima, dalam Operasi pemberantasan Premanisme dan dugaan pungutan liar. Yang diamankan Polres Bima Kota, berdasarkan surat Telegram Kapolda NTB, (24/06/2021). Berdasarkan kejadian itu, Kepala UPT Kota Bima Sariman SH memberikan pernyataan secara tegas yang ter Aktualita dengan […]