Dinas Koperasi dan UMKM Diklat Pengelola Koperasi

Bima, Tribun Sumbawa – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Bima, menggelar Pendidikan dan Pelatihan Manajerial Bagi Koperasi. Diikuti 30 orang pengelola Koperasi se Kabupaten Bima.

Kegiatan digelar di Gedung Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima, Kalaki, selama Lima hari. Dibuka Asisten III Setda Bima, Drs H Arifudin HMY mewakili Bupati Bima, Kamis, 15 Juli 2021 pagi. Sedangkan Pemateri diundang dari Akademisi, Praktisi dan pelaku usaha yang telah memiliki sertifikasi kompetensi.

Asisten III H Arifudin mengatakan, seorang Manager harus mempu memanage Sumber Daya Manusia dan aset yang dimiliki perusahaan. Kalau hal itu mampu dilakukan otomatis akan berhasil.

Tantangan mengelola sebuah persoalan begitu banyak. Terutama adanya tantangan yang muncul dari luar. Harus diakui setiap lembaga Koperasi maupun Keuangan akan tetap dipengaruhi oleh faktor eksternal.

Menurut H Arifudin, untuk memajukan usaha Koperasi, sebagai seorang manager harus mengindari perilaku tidak jujur.

‘’Tidak ada susahnya bagi kita Manager untuk berbuat jujur demi kebaikan bersama dan Usaha,’’ tutur Asisten III Setda Bima ini, dihadapan Peserta pelatihan.

Dalam mengelola usaha dagang atau Koperasi kita harus siap untung dan rugi. Hal tersebut sebagai cambuk demi kesuksesan kedepan. Kemudian kunci kesuksesan dalam sebuah usaha adalah harus mampu membaca potensi yang ada dalam diri atau wilayah masing-masing. Terutama potensi-potensi lokal yang akan dikelola.

‘’Sekarang saat kita bagaimana memajukan Bima. Yang telah diakui orang diluar memiliki potensi yang siap dikelola,’’ ungkapnya.

Kuncinya, kata Asisten adalah bagaimana membaca potensi, mengelola dengan jujur dan terbuka.

Keberadaan Koperasi ditengah masyarakat banyak memberikan manfaat, terutama meningkatkan perekonomian mereka. Dengan prinsip dasar adalah usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan.

Sementara itu Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Abdul Samad, mengatakan tujuan Pendidikan dan Latihan (Diklat), untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia, terutama bagi pengurus Koperasi.

Meningkatkan pemahaman bagi pengurus atau Manager terhadap kelembagaan Koperasi. Juga meningkatkan pemahaman pengurus dan anggota dalam menyusun LPJ Koperasi.

Diklat manajerial bagi Koperasi, diikuti 30 peserta terdiri dari Pengelola Koperasi se Kabupaten Bima, dilaksanakan selama lima hari, dan menghadirkan Pemateri dari Akademisi, Praktisi dan pelaku usaha yang telah memiliki Sertifikasi kompetensi. (TS/IM)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kesimpulan Dari Pertemuan Wabup Dengan Ida Bagus, Pemkab Bima Siap Ikut Merdeka Eksport

Jum Jul 16 , 2021
Bima, Tribun Sumbawa – Wakil Bupati Bima, Drs.Dahlan.M.Noer, menerima kunjungan Kepala Stasiun Karantina Pertanian Kelas 1 Sumbawa Besar, Ida Bagus Putu Raka Ariana, di Pendopo Wakil Bupati, Jln. Soekarno –Hatta, Kota Bima, Kamis, 15 Juli 2021, pagi. Saat diterima Wabup Dahlan, Kepala Stasiun Karantina Ida Bagus, di dampingi Kepala Urusan […]