Dikes Dompu Meminta Pemerintah Desa Menyediakan Rumah Singgah Bagi Pasien Reaktif Covid-19

DOMPU,TRIBUN

Pihak Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Dompu berharap tersedianya rumah singgah dari pemerintah desa, sebagai tempat karantina atau isolasi mandiri bagi kasus Covid-19.

Hal itu disampaikan, Kadikes Kabupaten Dompu, Hj Iris Jwita Kastianti SKM M.MKes, saat ditemui dikantornya, Rabu (23/3/2021). Dikatakan, pemerintah Desa harus ikut membantu mendirikan rumah singgah untuk pasien reaktif Covid-19. Apalagi sekarang sudah ada kebijakan baru dari pemerintah, dimana Dana Desa bisa digunakan untuk pencegahan, penanggulangan Covid-19.

Kadikes juga menyebut, ada kasus yang dijumpai dilapangan, di mana tempat yang ingin masyarakat gunakan untuk isolasi mandiri rupanya banyak yang tidak memenuhi syarat atau aturan berdasarkan protokol Covid-19, seperti kamar tidur, kamar mandi dan  dapur antara pasien reaktif dengan anggota keluarga lain tidak terpisah.

“Harusnya antara pasien dengan anggota keluarga harus dipisah, karena itu berdasarkan aturan Covid-19 yang ada, “ungkapnya.

Oleh karena itu, diharapkan ketersediaan rumah singgah dari pemerintah desa, yang selanjutnya pihak puskesmas atau satgas desa bertugas mendampingi dan mengawasi pasien reaktif tersebut.(TS/RF)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dewan Dorong Pemerintah Tertibkan Kendaraan Bermuatan Lebihi Kapasitas

Kam Mar 25 , 2021
Sumbawa Besar, Tribun – Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa dari Dapil II – Sukiman mendorong Pemda dalam hal ini Dinas Perhubungan, untuk melakukan penertiban terhadap kendaraan besar dengan muatan yang melebihi kapasitas. Hal ini dikhawatirkan bisa menyebabkan kecelakaan, juga memperpendek usia jalan yang telah dibangun. ‘’Banyak masyarakat yang mengeluhkan ini. Sehingga […]