“Dalami Laporan Sengketa Lahan” Wakil Ketua Internal Komnas HAM RI Sambangi Dompu

DOMPU,TRIBUN

    Wakil Ketua Internal Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI, Hairansyah, Kamis (27/6/2019) datang ke Dompu. Kunjungan dimaksud, dalam rangka mendalami laporan sengketa lahan di Kecamatan pekat dan laporan tentang infrastruktur.

Wakil Ketua Internal Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI, Hairansyah, ditemui di kantor Bupati usai menemui Bupati Dompu mengatakan, kunjungan ke Dompu merupakan bagian dari tim pengaduan proaktif, dimana tim pengaduan proaktif ini merupakan program yang tengah dikembangkan di Komnas HAM untuk pelayanan publik.

“Hari ini kami menemui Bupati Dompu, selain  untuk silaturahmi, sekaligus mendengar informasi yang berkaitan dengan pembangunan di daerah, “kata Hairansyah.

Hairansyah juga menyebut, bahwa laporan dari Pemerintah Kabupaten Dompu yang masuk ke Komnas Ham relatif sangat rendah. Bahkan, tahun 2019 ini hanya dua laporan.

Melihat dari sisi jumlah laporan yang relatif rendah itu, lanjut Hairansyah tentunya tingkat kasus HAM di Dompu rendah.

“Yang banyak masuk ke Komnas HAM RI, selain laporan tentang Polisi dan Perusahaan juga berkaitan dengan pemerintahan daerah, “ungkapnya.

Sementara Bupati Dompu, Drs, H Bambang M Yasin, menyampaikan bahwa kunjungan Komnas HAM RI ke Dompu selain silaturahmi juga berkomunikasi, dimana di Komnas HAM RI ada laporan tentang PT SMS soal penyerobotan lahan.

“Atas laporan itu, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI ke Dompu untuk menindaklanjutinya, “jelas Bupati.

Menurut Bupati, laporan yang masuk ke Komnas HAM RI sesuatu yang luar biasa bagi kita di daerah, karena selama ini jika ada persoalan kerap menemui jalan buntu, tapi sekarang persoalan itu ada titik terangnya, karena masih ada kran baru untuk penyelesaianya.

“Laporan tentang PT SMS ke Komnas Ham, sesuatu yang luar biasa, ini artinya ada kran baru bagi kita ketika menemui persoalan, entah itu masalah sosial maupun HAM kita bisa berkerjasama menyelesaikanya, “ungkapnya.(TS/RF) k

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

SDN 13 Dompu Berikan Reword Kepada Peserta Didik Baru

Ming Jun 30 , 2019
DOMPU,TRIBUN     Minat calon peserta didik baru tingkat SD/MI masuk ke sekolah swasta di Dompu cukup tinggi. Hal ini sedikit menyulitkan sekolah-sekolah Negeri dalam menjaring peserta didik barunya. Namun, tidak sedikit berbagai macam program dan strategi digulirkan oleh sekolah-sekolah agar mendapatkan peserta didik baru. Seperti di Sekolah Dasar Negeri (SDN) […]