Dalam Mengembangkan UMKM, Pemkot Bima Gelar Bazaar dan Pentas Seni

Kota Bima, Tribun Sumbawa – Pemerintah Kota Bima melaksanakan pembukaan Bazaar dan Pentas Seni di Objek Wisata Pantai Lawata.

Hadir dalam acara tersebut Sekda Kota Bima Drs. H. Mukhtar MH beserta Ketua Dharmawanita Kota Bima, para Staf Ahli Walikota, Asisten, Ketua Dekranasda Kota Bima, Kepala Perangkat Daerah, Pimpinan BUMN/BUMD. Kegiatan tersebut dalam rangka menumbuhkan ekonomi dan mendukung UMKM yang ada di Kota Bima pada masa pandemi Covid-1 yang merupakan kolaborasi dari Diskoperindag Kota Bima, Dekranasda, Dikbud Kota Bima, Diskominfotik, Dinas Perhubungan dan segenap Perangkat Daerah Pemerintah Kota Bima, Kamis malam 23 September 2021.

Kegiatan spektakuler tersebut akan dilaksanakan selama 4 (empat) hari yakni dimulai tanggal 23/9 sampai dengan tanggal 26/9 yang merupakan malam puncak sekaligus malam penutupan. 

Kegiatan tersebut menampilkan sebanyak 19 kelompok yang dihendel langsung oleh Disparpora Kota Bima terdiri dari 47 tampilan selama 4 hari terdiri dari pelajar setingkat TK, SD, SMP dan SMA/SMK dan sumbangan kelompok sosial masyarakat dengan berbagai ragam tampilan seperti tarian tradisional, kasidah rabana, puisi, nyanyian solo, pentas drama dan lainnya. 

Serta di malam penutupan akan dilaksanakan kilas balik perjalanan dan pencapaian pemerintahan Kota Bima dalam kurun 3 (tiga) tahun terakhir, berupa pemaparan, vidio kilas balik dan iklan E-Lapor persembahan dari Comand Center Kota Bima.

Acara tersebut juga menghadirkan pelaku usaha UMKM Kota Bima yang dimotori oleh Diskoperindag Kota Bima dengan disediakannya sebanyak 20 lapak Bazaar yang bisa dikunjungi oleh pengunjung acara dengan menjajakan berbagai produk lokal daerah dan panganan lokal daerah seperti tenun khas bima lengkap dengan berbagai bentuk dan pilihan seperti Sarung Nggoli, Sal tenun Bima, Sambolo dan lainnya serta jajanan khas Bima dengan bebagai jenis dan bentuk. Panitia juga menyediakan pos dan tenda khusus bagi pengunjung yang ingin sekaligus melaksanakan vaksinasi.

Dalam pemaparan tentang kegiatan ini Ketua panitia Drs. H. M. Fakhrunraji, ME yang juga merupakan Kepala Bappeda Kota Bima mengungkap kegiatan ini bagian daripada upaya bersama dalam rangka mendorong tumbuh ekonomi di Kota Bima, khususnya mendorong peran dan semangat pelaku usaha UMKM ditengah situasi pandemi yang cukup membawa dampak melambannya laju perekonomian dengan adanya covid-19, sehinga diharapkan dengan kegiatan ini semangat terus memacu dan menumbuhkan ekonomi lewat giat usaha UMKM terus terjaga dan dapat menunjukan trend positif.

“Diharapkan dengan semangat Bazaar dan pentas seni kita hidupkan kembali ekonomi lewat kiat-kiat kreatif di Kota Bima,” terang Fakhru.

Dikatakan pula bagi usia pelajar dapat membawa keceriaan tersendiri serta bakat seni dapat terus diasah serta senantiasa menghadirkan rasa bahagia dan senyum ditengah tengah lingkungan pergaulan

Dalam sambutan Ketua Dekranasda Kota Bima yang sekaligus menginisiasi kegiatan tersebut Hj. Ellya H.M. Lutfi mengungkap bahwa kondisi lesunya perekonomian dunia, nasional dan regional akibat Covid tidak pula menurunkan semangat kita untuk membangun dan terus produktif, berupaya agar senantiasa dapat menumbuhkan geliat perekonomian. 

“Seperti hari ini kita terus mendorong geliat perekonomian lewat UMKM, menggenjot dan memasarkan produk industri lokal yang ada dengan berbagai metode dan memanfaatkan ruang promosi dan pemasaran,” jelas Ketua Dekranasda Umi Ellya.

Diharapkan pula dengan kegiatan tersebut dapat membawa dampak langsung bagi pelaku usaha serta menjadi stimulan dari upaya-upaya lanjutan agar dapar meningkatkan perekonomian pelaku usaha kecil dan membawa dampak dalam skala besar serta dapat menurunkan angka kemiskinan.

Terimakasih juga Umi Elly sampaikan kepada segenap rekan dan mitra kerjasama Dekranasda yang selama ini yang telah banyak membantu dan memberi suport. 

“Terimakasih kepada lembaga permodalan yang senantiasa memberi dukungan kepada pelaku UMKM, kepada perbankan, BUMN dan BUMD”, ungkapnya. “Semoga bantuan serta kegiatan-kegiatan seperti ini dapat terus berlangsung dan bahkan mengingkat dari tahun-ketahun, serta mari terus dukung program-program pembangunan Kota Bima,” harapnya.

Tercatat selama kurun waktu terakhir, Dekranasda Kota Bima telah banyak memberikan bantuan-bantuan kepada pelaku usaha UMKM dimana ditahun pertama sebanyak 600 benang jahit, tahun ke-2 sebanyak 1000 unit, dan ditahun ke-3 sebanyak 1.600 penerima. 

Bantuan juga diberikan berupa peralatan jajan/kue, alat ukir dan alat seni, alat pandai besi dan perbengkelan, serta rombong. Dari pengakuan beberapa penerima manfaat yang dikunjungi, bantuan-bantuan seperti ini sangat bermanfaat dan sangat membantu.

“Semoga Dekranasda semakin maju dan senantiasa memberi sumbangsih positif bagi Kota Bima,” tambah Umi Elly.

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara secara resmi Sekda Kota Bima H. Mukhtar HM menyampaikan terimakasih kepada segenap OPD yang telah berkolaborasi. Juga bermunajat semoga produk-produk asli daerah mampu membawa berkah bagi Kota Bima ditengah situasi pandemi seperti ini. 

“Diharapkan acara ini senantiasa membawa dampak positif dan keberkahan, serta pelaku usaha makin luas dan berkembang, sehingga membawa dampak baik bagi daerah,” papar Sekda Kota Bima.

Dalam ungkapkannya juga tidak lupa Sekda Kota Bima mengingatkan agar senantiasa mengedepankan protokoler kesehatan dan tidak boleh lengah dalam setiap kesempatan. (TS/IM)

007

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bupati Bima IDP: Tes CPNS Langkah Awal Menuju Keberhasilan

Sab Sep 25 , 2021
Bima, Tribun Sumbawa – Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE Jumat (24/9) melihat dari dekat pembukaan tes online penerimaan CPNS lingkup Pemerintah Kabupaten Bima tahun 2021 yang dipusatkan di kampus Vokasi Unram PPD Bima di Sondosia. Tes Online Penerimaan CPNS tersebut berlangsung  mulai tanggal 24 September 2021 sampai dengan […]