Bupati Dompu Akan Bersikap Netral Pada Pilkades Serentak

DOMPU,TRIBUN SUMBAWA

Sebanyak 16 Desa di 8 Kecamatan di Kabupaten Dompu, Provinsi NTB akan melaksanakan pesta Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada Juli 2021 ini. Dalam Pilkades tersebut Bupati Kader Jaelani menyatakan akan bersikap netral terhadap siapapun yang menjadi Cakades termasuk kepada orang yang pernah menjadi tim suksesnya di Pilkada.

“Meskipun ada Cakades pernah menjadi timses AKJ SYAH, saya tetap bersikap netral dan hanya menghimbau agar para calon Kades dapat bekerja keras untuk memenangkan Pilkades di Desa masing-masing, ”kata Bupati Dompu Kader Jaelani ditemui disela-sela kegiatanya belum lama ini.

Bupati AKJ menyadari bahwa akan ada pengklaiman di tengah masyarakat Desa pelaksana Pilkades tentang isu dukungan terhadap para Cakades dimaksud.

“Saya sampaikan bahwa, saya memberikan dukungan dan semangat dan merestui semua Cakades lebih dari itu saya harus bersikap netral dan tidak memihak salah satu calon,”ujarnya.

Kader Jaelani mengakui bahwa kerja keras para timses AKJ SYAH telah mengantarnya untuk memenangkan pertarungan pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 09 Desember 2020 lalu. Namun, hari ini sejak ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pemenang Pilkada hingga dilantik oleh Mendagri melalui Gubernur NTB pada 26 Pebruari 2021 lalu, dia sudah menjadi Bupati bagi seluruh masyarakat Kabupaten Dompu, bukan lagi Bupati bagi timses AKJ SYAH saja.

Sementara itu, pesta demokrasi tingkat Desa ini sudah melalui beberapa tahap, yang terakhir adalah penetapan calon Kepala Desa (Cakades) yang dilakukan melalui proses test tertulis bagi Desa yang terdapat peserta lebih dari 5 Cakades.

Terdapat 70 Cakades yang dinyatakan lulus test dan ferivikasi oleh panitia Kabupaten yang dibentuk Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD).(ts/rf)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Anak Yatim, Marbot Hingga Guru Ngaji Dapat Kado Lebaran dari Bunda Niken

Ming Apr 25 , 2021
Mataram, Tribun – Ketua TP PKK Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati, menyerahkan kado lebaran kepada puluhan anak yatim, marbot hingga guru ngaji di lingkungan Sindu Barat, Kelurahan Cakranegara Mataram, Minggu (25/04). Penyerahan kado lebaran ini merupakan program Lembaga Amil Zakat Dasi NTB yang diikhtiarkan untuk membantu para anak yatim, […]