Bupati Bima Sukses Hadirkan Alat PCR untuk RSUD Bima

Bima, Tribun Sumbawa – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima dibawa kepemimpinan Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE – Drs.H.Dahlan,M.Noer sangat serius dalam menangani dan mengendalikan penyebaran virus corona di wilayah Kabupaten bima.

Keseriusan Pemkab Bima dalam menanganani Covid -19 ini dibuktikan dengan kemampuan untuk menghadirkan alat PCR untuk Covid -19 di RSUD Bima.

Alat tersebut mulai efektif melayani pemeriksaan dan pengerjaan RT- PCT SARS –CoV-2  pada Laboratorium Biomolekular RSUD Bima, dari  hari senin 19 juli 2021 yang lalu setelah mengantungi izin dari Litbangkes di Jakarta.

Umi Dinda menjelaskan bahwa Alat PCR ini hadir melalui proses dari tahun lalu dengan mengajukan proposal ke pemerintah pusat dan tahun ini terealisasi oleh BNPB namun untuk alat pendukungnya diadakan sendiri oleh pemerintah daerah melalui RSUD.

Pengajuan Proposal alat PCR ini ditujukan untuk mempercepat proses lab hasil sampel swab pasien diduga terpapar covid sehingga dapat cepat diketahui hasilnya.

“ Alhamdulillah, dengan hadirnya alat pcr ini akan mempercepat kinerja layanan untuk covid 19, mengingat selama ini kita harus mengirim ke sumbawa dan mataram untuk pcr swab,” ungkap Bupati Bima.

Dengan hadirnya Alat PCR ini, RSUD Bima dapat memeriksa sampel sebanyak 90 sampel dalam sehari dan akan melayani periksaan sampel untuk pulau sumbawa terutama sampel dari Kabupaten Bima, RS Dompu dan Kota Bima termasuk RS Swasta.

Untuk Jadwal Pengambilan sampel swab dan pengerjaan RT-PCR dilaksanakan setiap hari kerja kecuali minggu dan libur nasional serta akan ditangani oleh tenaga terlatih dan profesional dengan penanggung jawab ahli seorang dokter spesialis yaitu dr. Rahma Indah Pratiwi, Sp.PK.

Sementara itu, direktur RSUD drg. H.Ihsan menyambut gembira dengan terbitnya izin dari Litbangkes untuk RSUD Bima karena waktu kerja pemeriksaan sampel swab menjadi lebih singkat yaitu cukup 4-5 jam sudah diketahui hasilnya.

“Sebelumnya kita harus kirim ke Lab Geopark sumbawa dan membutuhkan beberapa hari untuk ketahui hasil swab , dengan hadirnya alat ini kerja RSUD dalam menangani Covid 19 akan semakin cepat,” terangnya. (TS/IM)

wartawan tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

AMMAN Pilih Konsorsium NFC/NERIN sebagai Kontraktor EPC, Capaian Signifikan dalam Pembangunan Proyek Smelter

Jum Jul 23 , 2021
Jakarta, tribun-sumbawa.com – PT Amman Mineral Industri (AMIN) menerbitkan Letter of Intent (LoI) untuk Konsorsium NFC (China Non-ferrous Metal Industry’s Foreign Engineering and Construction Co., Ltd) sebagai kontraktor Engineering, Procurement dan Construction (EPC), dan NERIN (China Nerin Engineering Co., Ltd.) sebagai penyedia layanan teknis, untuk pembangunan Proyek Smelter AMMAN di […]