Bupati Bima Siap Dukung Agenda Strategis HMI Dalam Membangun Daerah

Bima, Tribun Sumbawa – Pemerintah Kabupaten Bima berkomitmen mendukung penuh agenda strategis organisasi kemahasiswaan Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia (HMI) Cabang Bima yang ingin berpartisipasi dan memberikan kontribusi positif dalam pembangunan daerah.

Hal tersebut salah satu poin penting yang dibahas pada Silaturahmi Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE dengan jajaran pengurus HMI Cabang Bima yang dipimpin oleh Ketua Umum Muaidin Rabu (15/9) di Pendopo Bupati Bima.

Ketua Umum HMI hadir bersama Sekretaris Umum Firdaus, Ketua Korps HMI Putri (KOHATI) Cabang/Kabid PP Marweli, Kabid Partisipasi Pembangunan Daerah (PPD) Zulfikat Ali Butto, Bendahara Umum Mulyani Sabri Ana dan Kabid Pembinaan Anggota PA (PA) Muhsinin.
Bupati Bima saat bertukar pendapat dengan jajaran pengurus HMI Cabang Bima mengungkapkan, ada banyak kegiatan pemerintah daerah yang bisa didukung oleh organisasi kemahasiswaan seperti HMI.

“Jika selama ini orientasi kegiatan kader HMI dalam bentuk pelatihan, ada baiknya juga terjun ke lapangan dengan instansi terkait yang juga peduli terhadap pemberdayaan perempuan serta kekerasan perempuan dan anak,” ujarnya.

Kata dia, KOHATI bisa mendukung penanganan stunting yang dikoordinasikan dengan Bidang terkait pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bima. Juga mendukung pendampingan usaha tenun bagi para perempuan.
Demikian halnya penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak yang saat ini menjadi tantangan yang harus diselesaikan.

“Upaya ini seyogyanya dilakukan karena kadang korban tidak berani bicara dan menyuarakan sementara kasusnya masih mengalami peningkatan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Umum HMI Cabang Bima mengharapkan agar bagaimana dilibatkan dalam mendukung kegiatan kewirausahaan. Disamping pada saat yang sama mendorong partisipasi dalam pembangunan daerah, termasuk penguatan wawasan kebangsaan untuk menetralisir isu radikalisme.

Muaidin, menambahkan isu lingkungan hidup juga menjadi perhatian HMI, apalagi mengingat intensitas curah hujan yang cukup tinggi kader merasa bertanggung jawab terhadap upaya perbaikan lingkungan.

Senada dengan Muaidin, Ketua KOHATI juga mengemukakan harapan untuk turun langsung ke lapangan melakukan pendampingan pada masyarakat. Karena itu dirinya meminta dukungan pemerintah daerah memfasilitasi koordinasi dengan Perangkat Daerah terkait. (TS/IM)

007

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Klarifikasi Soal Kekayaan Bupati Bima, Suryadin: Tidak Benar Harta Bupati 19 Miliar

Jum Sep 17 , 2021
Bima, Tribun Sumbawa – Isu laporan KPK terkait harta kekayaan Bupati Bima yang mencapai Rp 19 milyar lebih ditengah Pandemi Covid-19, ini penjelasan Kepala Bagian Protokol & Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Setda Kabupaten Bima, Suryadin S.S, M.Si Menurutnya, kewajiban penyelenggara negara untuk melaporkan harta kekayaannya diatur dalam UU Nomor 28 Tahun […]