Bupati Bima Hadiri Wisuda SMKN 1 Donggo

Bima, Tribun Sumbawa – Prosesi Compo Tembe Donggo  menandai penyambutan Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE  yang didampingi Asisten I Setda H.Putarman SE dan Asisten III Setda Drs.H Arifudin HMY  dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bima Hj Rostiati Dahlan S.Pd Sabtu (30/10) pada acara Wisuda dan Khataman Massal Program Integrasi Plus Tahfidz Qur’an SMK Negeri 1 Donggo dan SMP Pancasila di Kampus II SMKN 1 Donggo Lingkungan Jabal Rahmah Dusun Padende Desa Bumi Pajo. Sebanyak 100 santri dan santriwati mengikuti prosesi wisuda serta 27 orang Tahfidz. 

Bupati Bima dalam penyampaiannya beberapa saat setelah prosesi Wisuda Tahfidz berlangsung menyampaikan apresiasi atas kerja keras Pembina Rumah Qur’an Al Hamid beserta para guru, santri dan santriwati yang merintis kehadiran Program Plus sebagai salah satu upaya membumikan Al Quran sejak dini.

“Ke depan,  lembaga ini diharapkan dapat menjadi tempat yang secara berkelanjutan menumbuhkan kecintaan para siswa dan generasi muda terhadap Al Quran,” jelas Bupati Bima. 

Pada kesempatan tersebut,  Pembina Rumah Quran Al-Hamid Drs. H. Abdul Majid M.Pd menjelaskan,  khataman massal dirangkaikan dengan  pengguntingan pita menandai dimulainya penggunaan Masjid Jabal Nur.

“Rangkaian acara yang digelar dimaksudkan untuk mendukung program integrasi Plus. Kepada para orang tua yang berkesempatan mengikuti kegiatan tahfidz di Rumah Qur’an Al-Hamid diharapkan dapat mendukung program ini. Mengingat kegiatan dilaksanakan secara mandiri, dukungan finansial dari para orang tua sangat dibutuhkan  agar program dapat berkelanjutan,” tuturnya.

Kesempatan tersebut juga dimanfaatkan Pembina Rumah Qur’an untuk memperkenalkan kepada Bupati dsn rombongan keberadaan kelompok petani buah yang menjadi kelompok binaan.

Syukur Alhamdulillah, disamping Rumah Qur’an,  juga sudah ada kelompok petani buah-buahan yang Inshaallah dalam kurun waktu dua tahun mendatang sudah menghasilkan buah. Jelas H. Majid.

Selain pengembangan dan budidaya buah durian, aspek lainnya yang perlu mendapatkan adalah       pemeliharaan situs purbakala yang bisa dijadikan pembelajaran dan wisata budaya. Ke depan kita berharap, Bumi Pajo  disamping sebagai desa tujuan wisata buah, juga menjadi tempat wisata sejarah dan budaya “. Imbuhnya. 

Ketua Panitia Ahmadin S.Pd dalam laporannya mengatakan, Wisuda Tahfidz  dilaksanakan untuk mewujudkan penghafal Al Quran (Hafidz dan Hafidzah) yang beriman, takwa  dan istiqamah sebagai implementasi tujuan dasar pelaksanaan pendidikan agama di SMP Pancasila dan Pondok Pesantren Darul Hamid. 

“Alhamdulillah,  SMKN 1 Kecamatan Donggo sudah memiliki Rumah Al Quran sebagai wahana untuk mendidik dan menumbuh kembangkan kecintaan terhadap Al Quran.,” tutupnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan prosesi Khataman Al Quran yang diakhiri dengan pemasangan mahkota dan selempang secara simbolis kepada para alumni. (TS/IM)

007

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tim Opsnal Brimobda NTB Kembali Amankan ‘Babingepet’, Residivis Pelaku Curanmor

Ming Okt 31 , 2021
Bima, Tribun Sumbawa – Tim Opsnal Brimob NTB berhasil menangkap seorang residivis kasus Curanmor. Pelaku diketahui, AI alias babingepet (30) warga desa tente dusun kampo nggaro kecamatan woha. Kanit Resmob NTB Batalyon C Pelopor Bima, Bripka Ardin Baron Bayu Seno mengatakan, pelaku ditangkap pada sabtu tanggal 30 Oktober 2021 sekitar […]