Bupati Bima Bersama FORKOMPIMDA Serahkan Sejumlah Bantuan Saat Kunjungi Korban Kebakaran

Bima, Tribun Sumbawa – Sehari setelah musibah kebakaran yang melanda 65 rumah dan 1 Mushala di Desa Naru Barat Kecamatan Sape, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE, didampingi Forkompimda dan pejabat terkait Senin (12/10) melakukan peninjauan lokasi korban terdampak kebakaran tersebut.

Pada Kunjungan tersebut, Bupati didampingi Kepala Pelaksana BPBD NTB H. Sahdan, ST, MT yang mewakili Pemerintah Provinsi NTB menyalurkan bantuan, Dandim 1608/Bima yang mewakili penyampaian bantuan Danrem 162/Wirabhakti, Kapolres Bima Kota yang mewakili penyaluran bantuan dari Kapolda NTB.

Pada kesempatan tersebut, Bupati menyerahkan secara simbolis 1  buah kasur lipat, kompor gas, panci,  1 paket sembako dan masker.

Selain bantuan tersebut Bupati IDP juga menyerahkan bantuan pribadi masing-masing senilai Rp. 2 juta kepada 71 KK dengan total Rp 142 juta, sembari menunggu penyaluran bantuan dari pemerintah setelah dilakukan pengusulan. 

Pemerintah Provinsi NTB melalui Kalak BPBD menyerahkan bantuan berupa terpal, selimut, mie instant dan beberapa kebutuhan lainnya.

Selain Dandim dan Kapolres,  Anggota DPR RI H. Zainul Arifin, OPD, Instansi vertikal dan BUMN/BUMD lingkup Kabupaten dan Kota Bima turut meringankan beban para korban melalui sejumlah bantuan yang diserahkan. 

“Atas nama pribadi dan pemerintah daerah saya menyampaikan rasa duka yang mendalam atas musibah yang terjadi. Seraya berpesan agar jangan saling menyalahkan, karena yang terpenting bagi kita semua adalah bahu-membahu untuk saling menolong agar keluarga yang terdampak dapat kembali menjalani kehidupan yang normal seperti sediakala,” pintanya.

Kunjungan ditengah keluarga yang sedang tertimpa musibah di desa Naru Barat Kecamatan Sape, disamping menyampaikan rasa duka  juga memberi semangat untuk menguatkan.

“Inshaallah bila kita mampu melewati semua cobaan ini, Allah SWT akan meninggikan derajat kita dan mengganti dengan kehidupan yang lebih baik,” ungkap Bupati Bima.

Pada kesempatan tersebut,  Bupati Bima memberikan beberapa instruksi agar penanganan bencana tepat sasaran. “Kades agar  dapat melakukan pendataan dengan baik dan memastikan keabsahan data sehingga bantuan yang diberikan oleh pihak manapun bisa disalurkan dengan kepada keluarga terdampak.

Pemerintah desa juga diharapkan  dapat mengawal penyaluran bantuan sehingga semua warga mendapatkan bantuan secara merata. 

“Terkait pelayanan dokumen kependudukan, mulai Senin (11/10) Dinas Kependudy dan Pencatatan Sipil melayani cetak ulang KTP dan Kartu Keluarga (KK) bagi para korban. Untuk itu agar Kades berkoordinasi dengan Camat dan sesegera mungkin menyampaikan data korban kebakaran kepada perintah agar dapat diberikan santunan,” tutup Bupati. (TS/IM)

007

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pemkab Bima Siapkan Posko Tanggap Darurat Pada Korban Kebakaran

Sel Okt 12 , 2021
Bima, Tribun Sumbawa – Bupati Bima melalui surat keputusan nomor: 188.45/ 278 /06.23 tahun 2021 tanggal 11 Oktober 2021 menetapkan Status keadaan tanggap darurat penanganan bencana kebakaran di wilayah Kabupaten Bima. SK tersebut diterbitkan bagi upaya penanganan Bencana Kebakaran di Desa Naru Barat Kecamatan Sape selama 14 hari terhitung sejak […]