Bermoduskan Bisnis Bagi Hasil, Polres Sumbawa Usut Penipuan Uang Puluhan Miliar

Sumbawa Besar, TRIBUN
Polres Sumbawa melalui Sat Reskrim saat ini tengah mengusut penggelapan dan penipuan uang. Bahkan, kasus yang dilaporkan pada 10 Januari 2021 lalu tersebut kini sudah memasuki tahap dua.
Kasat Reskrim Polres Sumbawa – Iptu Akmal Novian Reza S.IK kepada wartawan menyampaikan, pihaknya telah melakukan tahap 2 terkait kasus penipuan dan penggelapan dengan kerugian sekitar Rp. 22,9 miliar yang dilakukan oleh terduga pelaku berinisial TYS, pada Selasa (13/4) ke Kejaksaan Negeri Sumbawa.
Dijelaskan Akmal-akrab Kasat disapa, kasus ini bermula dari hubungan asmara TYS dengan korban berinisial SML. Dimana ketika itu, korban di bujuk oleh terduga pelaku untuk mau berkejasama menanamkan modal ke bisnis miliknya. Sehingga keuntungan nantinya bisa dibagi bersama. Singkat cerita karena hubungan asmara mereka yang begitu dalam maka timbulah rasa kepercayaan korban kepada pelaku dan mengirimkan sejumlah uang untuk membantu usaha pelaku.
Setelah beberapa kali korban mentransfer uang ke pelaku, korban mendapati bahwa ternyata pelaku sudah berkeluarga. Namun dengan segala bujuk rayu pelaku korban tetap mau mempertahankan hubungan mereka dan masih kerap kali mentrasfer sejumlah uang untuk pelaku.
“Awalnya mereka berpacaran, dan diajak bisnis dengan kesepakatan bagi keuntungan. Namun hampir 2 tahun tidak ada keuntungan yang diterima korban,” ujar Kasat.
Laporan yang diterima ini pun direspon cepat oleh pihaknya. Akmal kemudian memerintahkan jajaranya untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait perkara penipuan serta penggelapan tersebut.
Dari hasil penyelidikan ungkap Akmal, Satreskrim Polres Sumbawa telah melakukan penyitaan berupa 1 Unit Jeep Wragler Rubicon dari beberapa hasil kejahatan yang dilakukan oleh pelaku.
“Hari ini kami telah melakukan tahap 2 ke Kejaksaan Negeri Sumbawa terkait perkara penipuan dan penggelapan. Setelah itu kami Penyidik Satreskrim Polres Sumbawa akan menindak lanjuti perkara tersebut ke tindak pidana pencucian uang (TPPU) karena aliran dana tersebut sangat mencurigakan,” pungkas Akmal seraya menambahkan terkait pengembangaan TPPU dalam kasus ini akan disampaikan lebih lanjut kepada wartawan. (TS/010)

wartawan tribun

2 thoughts on “Bermoduskan Bisnis Bagi Hasil, Polres Sumbawa Usut Penipuan Uang Puluhan Miliar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Walikota dan Bupati Bima Hadiri RUPS PT Bank NTB Syariah

Sel Apr 13 , 2021
Kota Bima, Tribun Sumbawa – Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri SE, menghadiri Rapat Koordinasi Strategi Pemenuhan Modal Inti dan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahun 2021, PT. Bank NTB Syariah, bersama sebelas Kepala Daerah, Kabupaten dan Kota se Propinsi NTB, di Ballroom Marina Inn, Senin 12 April 2021.Kegiatan berlangsung […]